Bupati Mukomuko Buka Rapat Musrenbang RKPD 2024

1194 views

Share :

Rapat Musrenbang RKPD 2024

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Bupati Mukomuko, H.Sapuan,SE,MM AK,CA,CPA,CPI membuka rapat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RKPD kabupaten Mukomuko tahun 2025.. rapat musyawarah dilaksanakan di ruang aula Bappelitbangda Mukomuko, Selasa,26/03/2024.

Dalam pemaparannya, Bupati Sapuan mengatakan bahwa dasar hukum dalam merencanakan pembangunan national diatur dalam UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan national Dan juga dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan ,pengendaluan, dan evaluasi pembangunan daerah, RPJPD in adalah dokumen perencanaan daerah untuk 20 tahun ke depan, ” ungkap Sapuan.

Dalam rapat Musrenbang ini, ditetapkan sebuah tema pembangunan untuk tahun 2025 yaitu, ” Pembangunan kolaboratif memperkokoh kabupaten Mukomuko yang maju,berbudaya,dan berkelanjutan, ” dengan pendekatan pembangunan tematik 1 dalam pengentasan kesenjangan sosial yang meliputi kemiskinan ekstrim,stunting, kawasan kumuh, selanjutnya dengan tematik 2 yaitu ketahanan pangan yang meliputi pertanian,perikanan,dan pternakan serta tematik 3 yanitu pengembangan komoditi yang berdaya saing

Disampaikan Bupati Sapuan, untuk prioritas pembangunan tahun anggaran 2025 di fokuskan untuk penguatan infrastruktur dasar dan konektivitas antar wilayah yatu dengan pembangunan infrastruktur konektivitas antar wilayah. selanjutnya untuk layanan pendidikan untuk semua yang dilakukan dengan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan, seragam gratis bagi peserta didik,

Sementara untuk peningkatan tata kelola pemeritahan, Sapuan akan menngkatkan kapasitas ASN, dan menargetkan 45 perangkat daerah memiliki preikat SAKIP BB,dan menunju zona integritas bebas dari korupsi (WBK) serta peningkatan implementasi SPBE dalam tata kelola pemerintahan,

Dan terkait kesehatan akan dilakukan revitalisasi layanan yaitu dengan melanjutkan pembangunan RS Pratama dan revitalisasi RSUD serta optimalisasi pelayanan dasar kesehatan di Puskesmas. dalam peningkatan layanan kesehatan, jaminan perlindungan sosial kesehatan dan tenaga kerja yang dilakukan dengan pengoptimalisasian  UHC dan jaminan ketenagakerjaan bagi petani sawit dan yang terakhir adalah penguatan ketahanan pangan dan komoditi unggulan yaitu siap menjadi kawasan perkebunan berbasi korporasi petani, pengembangan perikanan komoditas unggulan serta pembangunan pusat pembibitan komoditi unggulan.

Pada rapat Musrenbang ini, kepala Bappebalitbang Provinsi Bengkulu. Hj.Juliasni,SE,MM mengatakan bahwa Musyawarah ini adalah momen untuk menselaraskan dan mensinkronkan rencana pembangunan di daerah dan di provinsi, semuanya harus sinkron agar pembangunan berjalan dengan baik,” pencapaian setiap  kabupaten dan kota harus selaras antara satu dengan yang lain, seperti saat ini provinsi Bengkulu belum melaksanakan Musrenbang RPJMD , karena masih ada kabupaten Kota yang belum melaksanakannya, setelah semua kabupaten/kota sudah melaksanakan musyawarah, maka barulah provinsi yang  terakhir agar semuanya bisa sinkron ,” ujar Hj Juliasni.

Dalam rapat Musrenbangda ini, juga dihadiri oleh Gubernur Bengkulu yang diwakili Asisten perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Bengkulu, kepala Balai Pelaksana Jalan National (BPJN) Bengkulu, kepala balai wilayah sungai (BWS) Sumatra VII, kepala Bappelitbangda Bengkulu,staff alhli bupati, para asisten Setdakap Mukomuko, kepala Opd Mukomuko, kepala KPU,Kepala Bawaslu, kepala desa , Tokoh adat, tokoh masyarakat,Ormas, LSM ketua organisasi Pers, Dan undangan lainnya. (advmmunol)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 51,649
  • 17,347