Guna Tanggulangi Wabah DBD, Dinas Kesehatan Mukomuko Kolaborasi Lintas Sektoral

12 views

Share :

WhatsApp Image 2024-05-16 at 08.39.44

MUKOMUKO, MMUNOL.COM -Dalam pemberantas penyebaran penyakit DBD, Dinas Kesehatan Kabupaten  Mukomuko melibatkan Opd lain agar penanganannya secara menyeluruh. hal ini dilakukan karena  semakin merebaknya penyakit DBD di kabupaten Mukomuko. Dinkes melibatkan lintas sektor untuk melakukan empat langkah dalam penanggulangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di daerah ini.

“Untuk menanggulangi penyakit DBD di daerah ini harus melibatkan lintas sektor, tidak cukup hanya bidang Dinkes saja,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko pada Senin,13 /05/2024 yang lalu,

Ia mengatakan hal itu setelah melakukan analisis situasi demam berdarah dengue di daerah ini melalui empat kegiatan yang bertujuan menanggulangi penyakit tersebut di daerah ini.

Sebanyak empat langkah tersebut, yakni pembentukan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) DBD, Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik, Gerakan Jumat Bersih, dan pengasapan.

Ia menjelaskan terkait dengan pengasapan hanya sebagai salah satu upaya membunuh nyamuk dewasa yang terbang, sedangkan nyamuk umur 10 hari, setelah itu mati dan akhirnya yang jentik nyamuk besar lagi.

Saat itu, katanya, langkah yang digalakkan berupa pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan gotong royong di desa-desa, sebagai salah satu bentuk Gerakan Jumat Bersih.

Penanganan pasien DBD, katanya, selain melalui pengobatan, ada juga petugas dari Dinkes yang datang untuk melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) di sekitar rumah pasien DBD, ” Kalau ditemukan banyak nyamuk di lokasi tersebut, upaya yang dilakukan dengan pengasapan.” katanya.

Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular Dinkes Mukomuko Ruli Herlindo mengatakan pihaknya telah berkunjung ke 17 Puskesmas tersebar di 15 kecamatan untuk melakukan Gerakan Jumat Bersih guna mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk yang menjadi penyebab DBD (Demam Berdarah Dengue)

Selanjutnya, pihak Puskesmas bekerjasama dengan pemerintah desa menggerakkan warga guna melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara gotong royong secara rutin setiap Jumat. dan Dinkes Mukomuko telah menangani 299 kasus DBD selama Januari hingga April 2024. (advmmunol)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 1
  • 1
  • 52,875
  • 18,160