Jalankan Fungsi Monitoring, DPRD Ingatkan Serapan Anggaran

223 views

Share :

NOPI YANTO SH

MUKOMUKO,MMUNOL.COM  – Berkaitan dengan pembangunan daerah tentunya peran penting anggota DPRD sangat diperlukan dalam perencanaan dan pengawasan atas kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah daerah. Maka dari itu seiring telah berjalannya penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (ABPD) tahun 2023 Kabupaten Mukomuko. Wakil ketua ll DPRD Mukomuko Nopi Yanto SH meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, memaksimalkan serapan anggaran yang sudah direncanakan dan disepakati sebelumnya, dengan tujuannya agar program berjalan sesuai dengan apa yang menjadi usulan masyarakat. Harus berorientasi pada progres capaian kegiatan, terutama kegiatan-kegiatan pembangunan fisik yang harus mengutamakan waktu hal ini agar tidak ada anggaran yang direncanakan sebelumnya tidak terserap sehingga muncul angka Silpa.


Rapat Anggota DPRD Mukomuko dengan OPD
“Kita harus lihat dari pengunaan APBD tahun 2022 lalu, yang hanya terealisasi sebesar Rp 870,9 miliar atau 94,04 persen dari total APBD Rp 926,1 miliar. Hal tersebut bisa dijadikan contoh. Jika serapan tidak maksimal, tentunya angka Silpa akan muncul. Besar harapan kami anggaran tahun 2023 ini, serapan akan maksimal, dan proses pembangunan berjalan dengan baik sesuai target,”kata Nopi.

Rapat Pembahasan Anggaran Bersama Opd

Nopi juga menambahkan, terkait jalannya progres pembangunan, juga harus menjadi perhatian serius, terutama OPD teknis. Agar pihak rekanan dapat mengutamakan mutu dan kwalitas, jangan sampai setiap tahunnya muncul permasalah-permasalahan dari kegiatan teknis baik itu dari OPDnya atau pihak rekanan. Karena sebagai perwakilan rakyat, DPRD Mukomuko akan selalu memantau program yang dilaksanakan. Serta memastikan pembangunan yang dilakukan sesuai dengan keinginan masyarakat.

“Kami mengingatkan kepada pihak rekanan pemerintah yang melaksanakan pembangunan kontruksi, agar dapat bekerja dengan baik. Mutu dan kwalitas harus diutamakan, sebab hasil pembangunan yang dilakukan itu, akan dinikmati masyarakat secara umum,”tegasnya.

Hal yang sama disampaikan, anggota Komisi I DPRD Mukomuko, Ansori Hardios, SH, Kabupaten Mukomuko membutuhkan sinergitas dalam pencapaian keberhasilan membangun daerah. Jika semua sudah menjalankan perannya masing-masing tentu akan meminimalisir kesalahan yang datang. Sebagai anggota perwakilan rakyat tentunya sangat mendukung program-program eksekutif. Namun yang perlu diketahui ,  Legislatif tidak akan tinggal diam jika dalam realisasinya masyarakat akan dirugikan. Kepada masyarakat, diminta juga dapat berperan aktif mendukung pembangunan yang tengah dilakukan melalui pengawasan.

“Sebagai wakil rakyat, kami akan selalu menerima usulan, laporan dan dukungan untuk kemajuan daerah. Maka dari itu kami mari bersama kita dukung dan pantau pembangunan yang tengah berjalan. Untuk Mukomuko mandiri, berkarakter, sejahtera dan berilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta beriman dan bertaqwa, ”tandasnya.  (advmmunol)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 1
  • 1
  • 52,875
  • 18,160