Akhir Tahun Ini, Penerima Manfaat Alkes Hanya 305 Yang Disetujui

266 views

Share :

IMG_20231024_181255

MUKOMUKO, MMUNOL.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko mengusulkan sebanyak 616 orang penyandang disabilitas di Mukomuko pada tahun 2023 ini agar mendapatkan bantuan Alat kesehatan (Alkes) untuk membantu menjalani rutinitas sehari-hari ke Kementerian Sosisial (Kemsos) RI.

Setelah dilakukan Verifikasi faktual (Verfak) calon penerima manfaat, hanya 305 orang yang disetujui Pemerintah Pusat untuk menerima bantuan. Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinsos Mukomuko Pitriani Ilyas S.Pt pada Senin,23/10/2023.

Berdasarkan hasil verfak Kementerian Sosial melalui tim Sentra Dharma Guna Bengkulu 305 penyandang ini nantinya akan menerima Alkes, karena dinyatakan memenuhi syarat.

“Verfak baru saja rampung dilakukan oleh Pihak Kemensos RI, 305 orang calon penerima manfaat ini tersebar di 15 Kecamatan yang ada di Mukomuko, dimana merupakan usulan yang disampaikan Dinsos diawal tahun lalu, ”katanya.

Pitriani menambahkan, setelah dilakukan verifikasi faktual di lapangan ada sebanyak 305 orang penyandang disabilitas yang berhak mendapatkan bantuan ini dinyatakan memenuhi syarat karena memang belum pernah mendapatkan bantuan, setelah itu juga memang terkategori membutuhkan alat bantu untuk menjalankan aktivitas. Sedangkan sebanyak 311 orang sisanya dinyatakan tidak valid atau sudah tidak ada lagi penyandang disabilitas yang dimaksud. Baik dikarenakan meninggal dunia, pindah domisili dan sudah mendapatkan bantuan.

“Yang pastinya hasil verfak menyatakan bahwa kurang lebih 50 persen dari jumlah yang di usulkan sudah tidak layak lagi atau tidak ada lagi penerimanya sehingga telah diputuskan hanya sebanyak 306 orang yang bisa menjadi calon penerima, “jelasnya.

Lanjutnya, saat ini Dinsos tengah menunggu petunjuk selanjutnya dari pihak Kemensos RI. yang pastinya nantinya bantuan untuk penyandang disabilitas ini akan diberikan berbentuk barang bukan berbentuk uang seperti yang sebelumnya juga pernah diberikan pihak Kemensos RI untuk penyandang disabilitas di Mukomuko.

“Bantuan ini berbentuk barang, yang biasanya nanti akan diberikan secara langsung oleh pihak Kemensos RI ke lapangan. Dimana bantuan ini sesuai kebutuhan, seperti kursi roda, alat bantu dengar, dan tongkat, agar penyandang disabilitas ini masih bisa beraktifitas seperti biasa. Kemungkinan sebelum akhir tahun 2023 ini bantuan akan disalurkan, ”tandasnya. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 1
  • 1
  • 52,875
  • 18,160