Akomodir Pelayanan Eksklusif Adminduk Bagi Kaum Difabel Dan Lansia, Disdukcapil Mukomuko Jemput Bola

194 views

Share :

3044472eaf5852ab9bbe7282eb3161c8

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Dalam rangka mewujudkan program satu data pemerintah pusat, kemarin (17/7) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko memberikan pelayanan bidang administrasi kependudukan (Adminduk) bagi kaum difabel dan para lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Mukomuko. Kegiatan pelayanan Adminduk jemput bola ini dilakukan guna mempermudah masyarakat Kabupaten Mukomuko yang berkebutuhan khusus dan sudah lanjut usia, dimana untuk jarak di wilayah yang ada di Kabupaten Mukomuko untuk pengurusan Adminduk sering menjadi kendala. Hal ini disampaikan Kepala dinas Dukcapil Kabupaten Mukomuko Epin Masyuardi SP.

Tentunya hal ini dilakukan jangan sampai ditemukan lagi, ada kaum difabel dan para Lansia di Mukomuko yang belum terdaftar, dan belum memiliki KTP, KK dan lainnya mengenai administrasi kependudukan.

“Kegiatan jemput bola ini langkah awal kita, untuk merekam data kependudukan warga kita yang berkebutuhan khusus dan Lansia. Sehingga nantinya pada saat dilakukan migrasi ke KTP digital hal tersebut sudah tidak sulit kita lakukan, ” sampainya.

Epin menambahkan, sebelum kegiatan dilaksanakan Dinas Dukcapil Mukomuko terlebih dahulu sudah berkoordinasi dengan Pemerintah desa (Pemdes) untuk mendapatkan informasi, kaum difabel dan Lansia yang belum terdaftar di sistem Adminduk. Setelah informasi di dapatkan, barulah tim mendatangi desa tersebut. Untuk kemarin tim pendataan Adminduk melaksanakan kegiatan di Dusun II Desa Wonosobo Kecamatan Penarik. Di desa ini, Dukcapil membantu proses pelayanan Adminduk terhadap beberapa orang warga berkebutuhan khusus dan yang sudah Lansia.

 “Untuk desa kami minta aktif melakukan pendataan, dan melaporkan hal tersebut ke kami. Berapa warga yang belum terdata baik disabel maupun Lansianya. Kalau kemari kita ke Desa Wonosobo, dan kami yakini dengan adanya program ini dapat sedikit membantu masyarakat, ”ujar Epin.

 Epin juga menyampaikan, pada pelaksanaan perekaman KTP keliling ini, tidak hanya terpaku kepada Difabel dan Lansia saja sebenarnya, untuk warga yang belum memiliki KTP, KK dan administrasi kependudukan lainnya, juga diberi kesempatan menikmati pelayanan jemput bola ini.

” Saat kita turun, warga lainnya juga boleh rekam KTP dan administrasi kependudukan lainnya. Karena kami juga akan tetap layani seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan Adminduk. ” paparnya. 

Lanjutnya, untuk diketahui Dinas Dukcapil Mukomuko juga mengutamakan pelayanan Adminduk bagi warga tertimpa musibah. Seperti sebelumnya yang terjadi di Kecamatan Ipuh, pada korban musibah kebakaran rumah, dan juga dinas Dukcapil juga akan membantu memberikan pelayanan penerbitan Adminduk keluarga yang meninggal dunia, seperti penerbitan surat kematian. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 51,647
  • 17,346