Pembangunan Jalan Dan Irigasi Yang Bersumber Dari Dana DAK Sedang Berjalan

12 views

Share :

_IMG_000000_000000

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, kembali melaksanakan pembangunan jalan dan irigasi, dengan sumber pembiayaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2024. hal ini dliakukan untuk memperlancar mobilisasi dan peningkatan produksi hasil pertanian di Mukomuko,

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST, MT mengatakan, pembangunan yang dilakukan saat ini sesuai rencana yang bersumber dari keinginan masyarakat. Dimana pada tahun ini pihaknya melaksanakan 4 kegiatan pembangunan yang bersumber dari DAK fisik, “Ada 4 paket kegiatan DAK fisik di PUPR. Kegiatannya, untuk peningkatan jalan dan irigasi. Ke empat paket ini sudah berkontrak dan fisiknya sedang dalam proses pengerjaan,”kata Apriansyah.

BACA JUGA : Kapolres Mukomuko Pimpin Acara Serah Terima Jabatan Pejabat Utama Polres

Apriansyah menambahkan, 4 kegiatan DAK fisik PUPR yang sudah berkontrak, 2 kegiatan merupakan rehab bangunan jaringan irigasi dan 2 paket kegiatan rekonstruksi atau peningkatan ruas jalan akses masyarakat. Untuk 2 jaringan irigasi yang dibangun dari dana DAK. Rehab jaringan irigasi Sungai Gading Besar dengan nilai kontrak sekitar Rp 1 miliar lebih.

Kemudian, rehab jaringan irigasi Air Payang II, nilai kontrak sekitar Rp 900 jutaan. Sedangkan dua kegiatan peningkatan ruas jalan dari koral ke aspal hotmix jalan Sp8 Lubuk Pinang sekitar Rp 8 miliar. Kemudian, peningkatan Jalan Wonosobo, Sumber Mulyo Lubuk Selandak juga sekitar Rp 8 miliar, “Semua kegiatan tengah berjalan saat ini, semoga tidak ada kendala, dan rekanan dapat mengerjakan pekerjaan tepat waktu. Agar masyarakat dapat memanfaatkan manfaat pembangunan tersebut,”sampainya.

Lanjutnya, dua jaringan irigasi yang dibangun di Kecamatan Selagan Raya, memang terkatagori sudah layak dan penting untuk dilakukan perbaikan, lantaran telah lama mengalami rusak berat. Dimana dampak kerusakan bangunan irigasi di dua lokasi tersebut, sering dikeluhkan petani pengguna air di wilayah tersebut karena kesulitan mendapatkan suplai air untuk pengairan sawah mereka, “irrigasi Kecamatan Selagan Raya memang sudah lama tidak dilakukan perbaikan sebab karena keterbatasan anggaran maka dari itu tahun ini kita lakukan pembangunan agar keluhan masyarakat sebagai petani berkurang,”ujarnya.

Apriansyah juga mengatakan, sedangkan untuk pembangunan hotmik jalan yang dilaksanakannya itu, untuk mendukung dan memperkuat sentra produksi pangan di Kabupaten Mukomuko khususnya di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang dan Kecamatan XIV Koto, “Pembangunan hotmix jalan ini untuk meningkatkan kualitas pembangunan jalan guna memberikan fasilitas jalan yang baik guna memperkuat sentra produksi pangan,” kata Apriansyah.

Pertimbangan Dinas PUPR Mukomuko sebelumnya mengajukan anggaran hotmik jalan ke pemerintah pusat. Karena jalan tersebut menjadi salah satu akses utama bagi masyarakat. Baik akses perekonomian, pendidikan, pertanian, kesehatan dan lainnya. Pertimbangan lain, jalan tersebut kondisinya sudah rusak parah. Dikhawatirkan jika perbaikan tidak segera dilaksanakan maka akan sangat membahayakan bagi masyarakat, “Jalan itu rusak parah. Banyak lobang di badan jalan. Ini membahayakan sekali bagi masyarakat pengguna kendaraan. Selain itu, masyarakat juga sudah sangat lama mengajukan proposal perbaikan jalan,”jelasnya.

Apriansyah juga menjelaskan karena luasnya wilayah Mukomuko dinas PUPR Mukomuko mengakui masih banyak jalan yang perlu dilakukan perbaikan dan pembangunan namun belum bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan dalam pembangunan jalan tidak akan mampu tercover oleh dana APBD Mukomuko jadi harus mengajukan ke Pemerintah pusat dengan bersaing seluruh daerah di Indonesia untuk mendapatkannya, “Kami minta masyarakat selalu mendukung kami melakukan pembangunan, secara bertahap jalan-jalan yang menjadi usulan akan kami upayakan dilakukan pembangunan dengan menggiring dana pusat,”tandasnya. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 54,554
  • 19,310