Bisnis Kuliner Lokan Memiliki Omset Menjanjikan, Kuliner Yang Berada Di Desa Ujung Padang Kota Mukomuko Menyediakan Berbagai Olahan Lokan

56 views

Share :

LOKAN OSWARI

MUKOMUKO, MMUNOL.COM  — Mau tahu salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bergerak di bidang kuliner yang menjadi ciri khas Kabupaten Mukomuko. Saat ini mulai diminati dikarenakan prospek yang cukup menjanjikan. Oswari , warga Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko menceritakan, sudah mulai membuka usaha olahan lokan seperti rendang dan gulai dari delapan tahun yang lalu. Namun sebelumnya tidak memiliki kios, setelah tiga tahun belakangan ini karena permintaan pasar yang meningkat terhadap kuliner lokan barulah didirikan kios.

“Kalau dulu kami hanya menerima pesanan saja, namun saat ini sudah ada yang sudah jadi setiap hari, seperti rendang dan gulai lokan, ”kata Oswari pada Jumat,03/11/2023.

Oswari mengatakan, untuk satu minggu bisa menghabiskan kurang lebih 20 Kg lokan basah. Untuk lokan sendiri ada yang didatangkan dari nelayan lokal Kota Mukomuko, dan terkadang juga didapat dari Sumatera Barat (Sumbar). Untuk jenis lokannya sama berasal dari sungai, tidak ada yang melalui budidaya.
“lokan ini kalau kita beli di Mukomuko sistem cantingan besar kurang lebih berisi 60 lokan yang masih memiliki cangkang harga dengan harga Rp15 ribu, ” Sedangkan jika lokan dari Sumbar sudah tidak menggunakan cangkang dengan harga perKG Rp70 ribu sampai Rp80 ribu,”terangnya.

Dijelaskannya, untuk lokan ini diolah menjadi rendang yang dipacking mampu bertahan hingga enam bulan lebih. Dengan harga perKg Rp160 ribu, sedangkan gulai lokan ini dijual dengan sistem kemasan dari harga Rp20 ribu sampai Rp25 ribu, dengan mampu bertahan hingga lima hari jika dipanaskan setiap hari.
“Kalau rendang lokan ini biasanya dijadikan oleh-oleh ke luar Mukomuko bahkan hingga ke luar negeri. Namun kalau gulai biasa untuk oleh-oleh yang memakan waktu lama diperjalanan,”sampainya.

Lanjutnya, dengan adanya bisnis kuliner olahan lokan ini setidaknya sangat membantu memberikan tambahan pendapatan keluarga. Dengan keuntungan bersih kurang lebih Rp2 juta perbulan. Karena masih ada modal untuk membeli bahan baku, bumbu, dan biaya packing, “Dengan adanya bisnis rumahan kuliner lokan ini cukup membantu perekonomian kami. Untuk di Kota Mukomuko ini kurang lebih ada 15 pelaku UMKM yang memilik bisnis yang sama. Dari awalnya hanya satu dua pelaku UMKM saja, ”tandasnya. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 12
  • 9
  • 33,889
  • 13,030