Bronjong Penahan Abutment Jembatan Mukomuko Mulai Terkikis Air

69 views

Share :

IMG20230922165855

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Siapa yang tidak kenal dengan jembatan Mukomuko yang terbentang memanjang kurang lebih 100 meter, Jembatan yang lebih terkenal dengan jembatan sungai Selagan jembatan inilah yang menghubungkan jalan lintas Barat sumatra dari arah Bengkulu sampai ke Padang terus hingga ke Medan. tidak heran jika tiap hari jembatan yang kurang lebih 200 ton ini harus menanggung beban yang berat yaitu dimana tiap hari dilalui oleh mobil mobil truk bermuatan berat maupun tangki pengangkut CPO dan cangkang  dibawa menuju Teluk Bayur, Sumatra Barat.

 

Namun akhir akhir  ,nampaknya  Bronjong penahan abutment di salah satu sisinya sudah mulai longsor, batuan yang ada dalam bronjong sudah tidak ada lagi dan dikuatirkan lama lama habis dan kemudian akan mengikis abutmen sehingga bisa mengakibatkan abutmen akan longsor karna menahan beban setiap dan bisa mengakibatkan abutmen nyunsep ke bawah.

Hal ini harus segera diantisipasi oleh pihak terkait agar segera melakukan pengecekan sehingga bisa langsung ditangani dan tidak menimbulkan kerugian yang besar.

Agar kondisi jembatan tetap kokoh dan kuat, tentu harus dilakukan perawatan jembatan dengan memperhatikan bagian abutmen yaitu kedua sisi agar selalu dalam kondisi stabil.

Seperti yang dikatakan salah satu warga Mukomuko Man, yang setiap hari melihat kondisi jembatan itu mengatakan sangat mengkuatirkan bronjong yang sudah mulai habis terkikis air dan sudah mulai mengarah ke abutmen, ” ini sangat bahaya sekali, bisa bisa abutmen nyunsep dan jembatan menjadi tidak stabil, ” ujar Man (46l pada Jumat, 21/09/2023.

Sebagai informasi, Abutment adalah bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung pilar – pilar jembatan, berfungsi sebagai pemikul seluruh beban hidup (Angin, kendaraan, dll) dan mati (beban gelagar, dll) pada jembatan. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 54,554
  • 19,310