Dinas Pertanian Mukomuko Akan Bangun Jalan Usaha Tani 8 Titik

1265 views

Share :

_IMG_000000_000000

MUKOMUKO, MMUNOLCOM – Dinas Pertanian Mukomuko merencanakan tahiun ini akan membangun jalan usaha tani sebanyak 8 titik. adapun anggaran pembangunan jalan usaha Tani ini bersumber dari dana DAK pusat. Hal ini disampaikan oleh Plt Kadis Pertanian kabupaten Mukomuko, Selasa,19/03/2024.

Dalam perencanaannya ,dikatakan Plt Kadis Pertanian Pitriyani Illyas, SP, jalan usaha tani akan dikerjakan secara swakelola, terkait hal in baru dilaksanakan karena selama ini proses pengerjaannya melalui PL maupun tender.

BACA JUGA : DisperindagkopUKM Mukomuko Programkan Peningkatan UKM Yang Berijin

Jalan usaha yang akan dibangun itu ada 4 titik di kecamatan Selagan Raya Dan 4 titik di kecamatan Lubuk Pinang, ” keseluruhan JUT ini bersumber Dari Dana DAK, masing masing titik jalan itu dianggarkan Rp.100.000.000,-(seratus juta rupiah), ” saat ini masih dalam perencanaan , secara detail jalan yang akan dibangun belum jelas desanya, nanti kita infokan, ” sampai Pitriyani

Sementara dana yang bersumber dari APBD akan dialokasikan untuk pembangunan saluran irigasi yang berada di 3 titik di kecamatam Selagan Raya dan kecamatan V koto sebanyak 2 titik. untuk masing masing titik jalan dialokasikan rata rata Rp 175000.000,- (seratus tujuh lima juta rupiah),” sama saja saat ini masih dalam perencanaan, pembangunan irigasi ini dari APBD. kabupaten, ” ujar Pitriyani Ilyas SP.

Untuk diketahui, Jalan Usaha Tani (JUT) adalah merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian khususnya tanaman pangan dan holtikultura yang berhubungan dengan jalan desa. sementara jalan produksi merupakan jalan yang dibangun memotong atau berada pada jalur produksi baik tanaman pangan, hortikultura maupun perkebunan sehingga memudahkan mobilisasi sarana maupun prasarana pertanian dari maupun menuju lokasi usaha tani. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 51,647
  • 17,346