Dinilai Ingkar Janji, Belasan Warga Desa Nelan Indah Blokade Jalan Menuju PT MMIL Menggunakan Jankos

128 views

Share :

_IMG_000000_000000

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Kesal dengan ulah pihak perusahaan yang menggantung nasib karyawan. Belasan warga Desa Nelan Indah Kecamatan Teramang Jaya memblokade jalan menuju Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Mukomuko Indah Lestari (MMIL). Tokoh Pemuda Teramang Jaya Bersatu Gemmi Jupriadi mengatakan, pemblokiran ini terjadi (18/5) siang, sekelompok warga memblokade akses masuk menuju pabrik PT MMIL dengan menumpukkan Janjangan Kosong (Jangkos) di tengah jalan, Bahkan ada juga warga yang sengaja memarkirkan mobil di tengah jalan.Hal ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan kekecewaan warga desa penyanggah Perusahaan karena tak di berikan kejelasaan posisi status bekerja.

“Warga menilai perusahaan terlalu otoriter dan melanggar perjanjian yang telah disepakati antara pemilik tanah pemberi akses jalan dan pihak perusahaan, terkait lowongan pekerjaan yang akan di berikan sesuai dengan posisi yang di tawarkan sebelumnya ,”kata Gemmi.

Gemmi menambahkan, sebelumnya pihak perusahaan telah memberikan posisi bekerja di salah satu posisi di PKSnya, namun tanpa sebab warga tersebut di mutasi dengan beban kerja yang tidak jelas, tidak sesuai dengan perjanjian kerja.Tentu ini dinilai warga sebagai upaya pihak perusahaan memecat kariawan dengan cara membuat tidak betah, sebab jika di PHK kariawan berhak menerima pesangon.

“Warga tahu ini jelas bagian dari upaya pihak perusahaan membuat tidak betah bekerja, sehingga warga mundur. Saat ini warga lebih memilih untuk di PHK dengan syarat pihak Perusahaan harus membayarkan kewajibannya, ketimbang nasibnya yang di gantung , ” terangnya.

Lanjutnya, sekali lagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui dinas terkait, diminta tidak berdiam diri agar dapat serius dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat ini.

“Jika Perusahaan yang dinilai otoriter ini tidak disanksi, Kami pastikan akan ada aksi yang lebih besar lagi, termasuk menjadwalkan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati, kantor DPRD maupun ke Perusahaan, “tandasnya. (mth)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 9
  • 3
  • 38,459
  • 15,675