Dinilai Lamban, 18 Desa Belum Ajukan Pencairan DD Tahap II

275 views

Share :

WhatsApp Image 2023-07-27 at 16.00.40

Jodi S.Pd

Kepala DPMD Mukomuko

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Sampai dengan saat ini berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko, dari total 148 desa, masih ada 18 desa lagi yang belum mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap ll, meskipun target awal di bulan Agustus mendatang realisasi DD tahap dua harus rampung 100 persen. Hal ini disampaikan Kepala DPMD Mukomuko Jodi S.Pd.,Kamis,27/07/2023.

Belum diketahui apa yang menjadi kendala 18 Desa tersebut belum mengajukan permohonan berkas penyaluran DD tahap II. Sedangkan untuk target penyelesaian sudah disampaikan dari jauh hari ke seluruh Pemerintah desa (Pemdes) yang ada di Mukomuko.

“Berkaitan hal tersebut kami sudah bekoordinasi ke Camat tentang desa yang bersangkutan agar dapat membantu Pemdes tersebut jika mengalami kendala, sehingga tidak terjadi keterlambatan target usulan. ” kata Jodi.

Jodi menambahkan, sedangkan untuk 130 desa yang sudah mengajukan permohonan penyaluran DD tahap II seluruhnya sudah cair dan Pemdespun sudah melaksanakan kegiatan seperti apa yang telah direncanakan sebelumnya. Sebab jika kegiatan yang direncanakan terlambat pengerjaannya ditakutkan, akan berpengaruh pada serapan anggaran. Terlebih pengerjaan kegiatan fisik yang tidak dapat dikerjakan dalam waktu dua sampai tiga hari.

“Ini sudah di akhir Juli, jika sudah Agustus otomatis seluruh kegiatan yang direncanakan Pemdes sebelumnya akan mundur, sehingga mempengaruhi anggaran yang terserap. ”sampainya.

Lanjutnya, DPMD Mukomuko saat ini juga terus memantau dan koordinasi ke Kecamatan ataupun desa agar jangan sampai DD di tahun 2023 ini ada yang gagal salur. Oleh sebab itu dibutuhkan koordinasi dan kolaborasi ke berbagai pihak, sehingga Pemdes tidak mengalami kesulitan dalam menyerap anggaran.

“Kita tidak ingin ada desa yang gagal salur DD. Karena hal tersebut akan berimbas dengan usulan masyarakat yang tertunda,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, sedangkan untuk DD tahap ketiga, hingga saat ini sudah ada delapan desa yang telah mengajukan berkas permohonan penyaluran DD tahap tiga tersebut. Dimana sebanyak  enam desa sudah disampaikan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko dan dua desa lagi masih proses verifikasi. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 54,554
  • 19,310