Gladi Penanggulangan Bencana Akan Digelar Agustus, Kalak BPBD : Lokasinya Di Kecamatan Air Dikit

158 views

Share :

IMG_20230720_162604

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Tidak lama lagi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko akan menggelar gladi penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Mukomuko dengan melibatkan berbagai pihak mulai dari pelajar, masyarakat, tim relawan bencana dan Pemerintah Desa (Pemdes). Dengan harapan semua pihak memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami, mengingat Mukomuko ini menjadi wilayah yang rawan terhadap gempa dan tsunami, karena berada bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia. Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Mukomuko Ruri Irwandi ST, MT. Kamis, 20/07/2023.

Dalam pelaksanaannya nanti akan diambil perwakilan setiap desa, minimal dua orang perwakilan, begitu juga dengan pihak lainnya yang direncanakan akan menjadi peserta, masing-masing dua orang.

“ Kegiatan gladi bersih penanggulangan bencana ini, akan di ikuti ratusan peserta, maka dari itu kegiatan ini terkategori akbar untuk agenda BPBD Mukomuko, ” kata Ruri.

Ruri menambahkan, untuk rencana kegiatan akan dilaksanakan di awal bulan Agustus mendatang, yang berlokasi di Kecamatan Air Dikit. Dimana lokasi ini dipilih sebagai lokasi kegiatan gladi penanggulangan bencana, karena wilayah tersebut termasuk daerah rawan bencana gempa bumi, tsunami serta banjir. Maka dari itu akan mudah dilakukan kegiatan praktek-praktek lapangan nantinya, ” Tentunya dengan adanya kegiatan gladi di Kecamatan Air Dikit ini nantinya dapat meningkatkan pengetahuan peserta terhadap bencana dan penanggulangannya sehingga ketika peserta kembali ke lingkungannya dapat menjalankan dan menyebarluaskan ilmu yang di dapat.” ujar Ruri.

“Kegiatan gladi ini kita harapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami, dengan harapan semakin banyak masyarakat yang paham akan bencana sehingga dapat memperkecil dampak korban yang ditimbulkan, ” sampainya.

Lanjutnya, sebelumnya kegiatan serupa sudah pernah dilakukan di beberapa wilayah yang rawan bencana gempa bumi dan tsunami di Mukomuko, namun tidak secara bersamaan. Di kegiatan kali ini nantinya akan bergabung perwakilan setiap desa, dan pihak lainnya.

Kegiatan sosialisasi terkait pengurangan risiko bencana gempa bumi dan tsunami pernah dilakukan di Satuan Pemukiman (SP) X Desa Rawa Bangun Kecamatan XIV Koto tahun 2022 lalu, maka dari itu tahun ini kegiatan yang serupa dengan jumlah peserta yang lebih banyak akan digelar kembali. (red)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 35
  • 15
  • 53,534
  • 18,589