Guna Memenuhi Kebutuhan Warga Akan Air Bersih, Pemdes Pondok Lunang Akan Bangun Sarana Sanitasi Air Bersih

133 views

Share :

IMG_20240313_230934

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Pemerintah desa Pondok Lunang akan fokus dalam membangun sarana sanitasi air bersih. adapun sarana yang akan dibangun adalah melanjutkan program air bersih yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya. hal ini disampaikan oleh Kades Pondok Lunang di kantornya pada Rabu ,13/03/2024.

Disampaikan Kades Pondok Lunang. Burhan Dahri , penggunaan DD dan ADD direncanakan untuk pembangunan sarana sanitasi air bersih yang sangat dibutuhkan warga , adapun sarana yang akan dibangun adalah pengadaan peralatan dan perlengkapan yang menyediakan dan mendistribusi air bersih kepada masyarakat.

BACA jUGA : RS Pratama Air Buluh Sudah Siap, Perekrutan Tenaga Kesehatan Manfaatkan Yang Sudah Ada

Untuk tahun ini sambung Burhan, dana yang akan dianggarkan sebesar Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah ) dari Dana Desa tahap pertama untuk pembuatan saluran Rumah (SR) 150 KK warga, ” selain itu kita juga akan membangun pompa air untuk dusun seberang Air Merah dengan anggaran Rp 70 juta, ” ungkap Kades Burhan Dahri.

Selain itu, penggunaan anggaran dana DD/ADD dialokasikan untuk penerima KPH BLT tahun ini sejumlah 33 orang di mana mengalami penurunan dari tahun sebelumnya 35 orang, untuk penerima ini sudah dirapatkan dengan seluruh perangkap desa dan masyarakat , ” untuk penerima ini sudah dirapatkan khusus bagi warga yang sudah lanjut usia, disabilitas, dan penyakit menahun, ” ujar Kades Burhan Dahri.

Perlu diketahui, bahwasanya program sanitasi ini adalah lanjutan dari tahun sebelumnya yang sudah membangun Pamsimas yang ada dalam komplek kantor desa Pondok Lunang. adapun anggaran dana untuk pembangunannya dari dana hibah provinsi. dengan dana itulah dapat disalurkan ke rumah warga sekitar 70 KK yang ada di sekitar kantor desa dekat Pamsimas. di awal tahun kemarin juga desa sudah melanjutkan penyaluran air bersih ke rumah warga dengan mempergunakan dana Silpa tahun lalu, ‘ kami berharap dengan adanya program sanitasi air bersih ini dapat memenuhi kebutuhan warga yang selama ini kekurangan pasokan air bersih di desa, kita usahakan yang terbaik buat warga Pondok Lunang, ” ujar Burhan Dahri. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 51,647
  • 17,346