Guna Mengantisipasi Mudik Yang Melonjak Tajam, Polres Mukomuko Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2023

489 views

Share :

_IMG_000000_000000

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Sudah menjadi tradisi saat Hari Raya Idul Fitri masyarakat Indonesia selalu melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Berdasarkan hal ini, Polri bersama seluruh instansi terkait. telah melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 di Mapolres Mukomuko pada Senin, 17/04/2023.

Selain di wilayah Provinsi Bengkulu, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia, mulai dari tingkat mabes polri hingga satuan kewilayahan. Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2023. kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya idul fitri 1444 H.

Bertindak sebagai pimpinan apel yaitu Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto SH, S.IK, MH Dalam arahannya membacakan amanat dari Kapolri, Kapolres Mukomuko mengatakan seperti kita ketahui, bahwa kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Berdasarkan survei indikator periode 5 sampai dengan 10 mei 2022, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022. penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik.

Terlebih lagi Kemenhub Ri memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%. berkaitan dengan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa, “hati- hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. dari 86 juta ke 123 juta dari survei artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik”.

“Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi terpusat dengan sandi “ketupat 2023″ selama 14 (empat belas) hari sejak 18 april sampai dengan 1 mei 2023. operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 sampai dengan 16 april 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2023, ” sampai Kapolres Mukomuko.

“Untuk pengamanan Lebaran kali ini melibatkan lebih dari 164 personil gabungan TNI-Polri beserta Stakeholder. Sementara untuk posko berjumlah 5 Pos terdiri 3 Pos Pengamanan di Lubuk Pinang, Penarik dan Air Rami serta 2 Pos Pelayanan di Air Punggur dan Bantal ,” kata Kapolres Mukomuko.

Untuk memastikan Operasi berjalan dengan optimal, Polres Mukomuko melalui unit Patroli dan Polsek jajaran akan melaksanakan Patroli gabungan guna memantau keadaan di sepanjang jalan dan lokasi Posko.

Turut hadir saat Apel Gabungan ini dari TNI, DISHUB, SENKOM dan Satpol PP. serta turut dihadiri oleh FKPD Mukomuko. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 8
  • 4
  • 52,794
  • 18,100