Guna Peningkatan Kepercayaan Publik, Diskominfo Mukomuko Adakan Pelatihan Jurnalistik

95 views

Share :

PELATIHAN JURNALISTIK

Mukomuko, Mmunol.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik di Gedung Guru Kabupaten Mukomuko, Selasa,13/12/2022 yang lalu. 

Dalam pelaksanaan pelatihan jurnalistik yang mengusung tema ‘’upaya optimalisasi penyebarluasan informasi pembangunan dan layanan pemerintah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat’’ ini  melibatkan 40 peserta dari  aparatur perangkat desa yang merupakan perwakilan dari desa di Kecamatan V Koto, Kecamatan XIV Koto, Air Manjunto, dan Kota Mukomuko. . dalam  pelaksanaan pelatihan jurnalistik ini dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo Mukomuko, Novria Eka Putra, SSTP. 

Dalam sambutannya, Novria Eka Putra menyampaikan bahwa pelatihan jurnalistik ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa untuk mengenal, mengetahui, memahami tugas dan fungsi serta cara kerja jurnalistik. Mulai dari tata cara menghimpun informasi hingga menyebarluaskan hasil karyanya dalam bentuk berita. 

Selain itu Kadis Kominfo berharap kedepannya perangkat desa di Kabupaten Mukomuko juga berkemampuan dalam membantu tugas penyebarluasan informasi publik, dengan memuat informasi yang akurat, berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan, ” melalui pelatihan ini, ke depan masing-masing desa mampu mengadopsi sebuah informasi pembangunan secara akurat dan sesuai fakta,’’ harap Novria. 

Dalam  pelaksanaan pelatihan jurnalistik ini melibatkan tiga orang narasumber. untuk materi tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) disampaikan oleh Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Mukomuko Weri Trikusuma Ria, SH., MH. dan untuk materi kedua, yang berkaitan dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Undang-Undang Pokok Pers yang disampaikan oleh Ketua PWI Mukomuko Budi Hartono, SP. serta materi yang ketiga tentang teknis menulis berita disampaikan oleh Dewan Kehormatan PWI Mukomuko, Amris Tanjung. Jelang penutupan, masing-masing peserta dilatih untuk membuat sebuah karya jurnalistik dalam berupa berita. (maj)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 14
  • 11
  • 54,554
  • 19,310