Guna Peningkatan Koordinasi Program Pusat, Pemkab Mukomuko Akan Tambah 2 Dinas Dan 1 Badan

76 views

Share :

WhatsApp Image 2023-01-05 at 10.46.23 (1)

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Guna mempermudah koordinasi program Pusat di daerah pemerintah daerah Kabupaten Mukomuko akan menambah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru. Masing-masing dua dinas dan satu badan. Penambahan ini sendiri untuk sinkronisasi numenklatur daerah dengan kementerian di pusat.

Adapun dua dinas baru yang segera diresmikan, yaitu pertama Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan (Damkar). Di mana Damkar merupakan pecahan dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar (Satpol PP dan Damkar.

Kedua Dinas Perhubungan, secara khusus bertugas disektor perhubungan baik darat, laut dan udara. Di mana dinas ini pecahan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Yang ketiga bukan pecahan tapi peningkatan, Kantor Kesbangpol menjadi Badan Kesbangpol Mukomuko. Dengan ditingkatkan menjadi badan, maka Kesbangpol juga akan menambah dua kepala bidang.

‘’Penambahan ada dua, yaitu Dinas perhubungan dan Dinas pemadam kebakaran. Kalau kesbangpol ditingkatkan menjadi Badan,’’ kata penjabat Sekda Dr. Abdiyanto, SH,M.Si, CLA.

Penambahan ini sudah pasti, karena telah ada dasarnya peraturan daerah dan sesuai ketentuan dari pusat. Untuk waktu kemungkinan besar dalam waktu dekat.

Sebelum ditetapkan, perlu persiapan yang matang, karena kebutuhan dari sebuah dinas cukup banyak. Mulai dari kebutuhan pejabat, pegawai, fasilitas hingga anggaran.

‘’Kita sesuaikan dulu, karena ada beberapa yang perlu disiapkan, tidak bisa sekedar menetapkan nama dinas, tapi belum didukung kebutuhan dasar,’’ paparnya.

Ia juga mengakui pembentukan dinas baru ini, untuk sinkronisasi dengan kementerian di pusat. Agar kedepan koordinasi program bisa lebih ditingkatkan dengan pemerintah pusat dan sejalan dengan kementerian , sehingga memudahkan koordinasi terkait dengan program. (maj)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 14
  • 11
  • 54,554
  • 19,310