Jamaah Haji Akan Tiba Minggu Ini, Kakankemenag Mukomuko : Semoga Membawa Hikmah Dan Pengalaman Spiritual

25 views

Share :

JAMAAH HAJAH

MUKOMUKO, MMUNOL.COM -Minggu ini,  Sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebelumnya, sebanyak 177 dari 178 orang Jemaah Haji asal Kabupaten Mukomuko yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1 Debarkasi Padang, Sumatera Barat, akan meninggalkan Arab Saudi dan tiba di Kabupaten Mukomuko pada Minggu, 30 Juni 2024. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, H Widodo, SH.I. Paska meninggalnya 1 orang Jemaah haji Mukomuko, sampai dengan saat ini 177 jamaah haji kloter asal Kabupaten Mukomuko dalam kondisi sehat dan telah rampung melaksanakan seluruh rangkaian ibadah Haji dengan baik.

“Sejauh ini pengawasan dan dampingan terhadap Jemaah haji kita terus dilakukan. Seluruh jamaah telah menjalani ibadah dengan khusyuk dan lancar. Dan sesuai jadwal, hari Minggu 30 Juni, jemaah sudah tiba di Mukomuko,”katanya.

BACA JUGA : Pemerintah Kabupaten Mukomuko Akan Membangun Pasar Semi Modern 

Widodo berharap para jamaah haji Mukomuko dapat membawa hikmah dan pengalaman spiritual yang dapat memperkuat iman dan takwa nantinya. Selain itu terima kasih kepada seluruh petugas yang telah bekerja keras yang telah membimbing dan memberikan dukungan penuh kepada seluruh jamaah haji selama menjalankan ibadah di tanah suci. Semoga seluruh jamaah haji yang menunaikan rukun Islam kelima ini dapat kembali ke tanah air dengan keadaan sehat dan selamat hingga bergabung lagi di tengah keluarga, “Itu yang selalu kami harapkan. Seluruh jemaah haji pulang dengan kondisi sehat dan selamat, serta membawa berkah dan hikmah dari perjalanan spiritual yang mereka lalui selama di tanah suci,”ujarnya.

Selanjutnya, untuk kepulangan jemaah haji ke Kabupaten Mukomuko, dari Debarkasi Padang, tidak langsung ke Kabupaten Mukomuko. Melainkan Jemaah terbang lagi dari Padang ke
Bengkulu. Setelah tiba di Bengkulu barulah jemaah haji pulang ke Mukomuko dengan menggunakan kendaraan bus yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko.

“Walaupun dekat dari Padang ke Mukomuko namun sesuai aturan dan jadwal sebelumnya dari Padang Jemaah Haji kita akan terbang lagi ke Kota Bengkulu, setelah itu baru menuju
Mukomuko Via darat,”sampainya.

Sedangkan untuk titik kepulangan nanti, direncanakan tidak ditempatkan dalam satu tempat.Melainkan, jemaah haji akan diturunkan di dua titik, yaitu di Kecamatan Ipuh dan Kecamatan Mukomuko. Dimana nantinya Jemaah asal Kecamatan Malin Deman, Air Rami, Sungai Rumbai, Pondok Suguh dan Ipuh yang akan turun di sana.

“Kalau jemaah dari Ipuh diturunkan ke Mukomuko kan kasihan karena terlalu jauh pulangnya. Makanya jemaah yang dari Ipuh dan sekitarnya, diturunkan di Ipuh. Sedangkan jemaah dari Mukomuko dan sekitarnya, diturunkan di Masjid Agung Mukomuko,”jelasnya.

Widodo juga mengatakan, berkaitan dengan Jemaah haji yang meninggal dunia hingga saat ini sudah sekitar 234 orang dari Indonesia, termasuk warga Mukomuko atas nama Kadiman Martomiredjo, 74 tahun warga DesaAir Rami, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko yang mengalami sakit sesak nafas. Terkait jamaah haji yang meninggal, akan dimakamkan di Arab Saudi yang disiapkan Pemerintah Arab. Hal itu dikarenakan rumitnya administrasi dan menjaga kondisi jenazah agar tidak membusuk usai meninggal dunia. Sejauh ini memang belum pernah ada jemaah haji yang meninggal di Makkah lalu dipulangkan ke Indonesia, kecuali pahlawan nasional Bung Tomo.

“Pihak keluarga yang ditinggalkan tidak perlu khawatir, sebab di Arab Saudi terdapat kantor yang diberi tanggung jawab oleh pemerintah Arab Saudi untuk mengurus penyiapan layanan bagi jemaah haji termasuk asal Indonesia yang disebut maktab atau markaz. Jadi mereka semua yang mengurus pemakaman jemah haji sesuai dengan ajaran Islam,”tandasnya. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 54,554
  • 19,310