Kapolres Mukomuko Pimpin Upacara Tradisi Pedang Pora Pada Pernikahan Anggotanya

91 views

Share :

kapolres

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto SH,S.IK, MH didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Mukomuko Ny. Steva Nuswanto bertindak sebagai Inspektur Upacara Tradisi Pedang Pora pada pernikahan Iptu Rizki Saputra , S.Stat Di Rumah Kediaman Kasi Propam Polres Mukomuko Iptu Supriadi di desa Marga Mukti Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko, Sabtu,21/1/2023.

Upacara Pedang Pora sudah dilakukan secara turun temurun. Ini melambangkan solidaritas, persaudaraan dan permohonan kepada Tuhan. Prosesi ini juga merupakan tradisi yang bersifat sakral dengan tujuan sebagai penghormatan yang setinggi-tingginya bagi anggota atau perwira Polri yang menikah karena akan meninggalkan masa lajangnya.

Prosesi diawali dengan formasi baris saling berhadapan pasukan Pedang Pora yang terdiri dari 12 perwira pertama berseragam lengkap. Kemudian komandan regu melapor kepada mempelai bahwa Pedang Pora sudah siap dan para pasukan dengan serentak menghunuskan pedang membentuk gapura.
Dengan diiringi musik dan puisi, pengantin pun mulai berjalan melewati gapura dari pedang tersebut. Selanjutnya, dibawah gapura Pedang Pora dilangsungkan penyematan cincin pernikahan. Suasanapun tampak romantis saat pengantin pria mencium kening pasangannya sebagai tanda puncak acara.

Disela-sela prosesi Pedang Pora, AKBP Nuswanto , SH, S.IK, MH mengalungkan bunga kepada Iptu Rizki Saputra , S.Stat dan dilanjutkan dengan penyerahan seperangkat pakaian seragam Bhayangkari oleh Ketua Bhayangkari cabang Mukomuko kepada pengantin wanita Indri Aprinda Sari SM yang merupakan Putri Pertama Kasi Propam Polres Mukomuko.
“Selamat menempuh hidup baru kepada Iptu Rizki Saputra, S.Stat dan Ny. Indri Aprinda Sari SM. Semoga menjadi keluarga yang rukun, langgeng Sakinah Mawadah Warahmah dan cepat di karuniai anak,” ucap Kapolres Mukomuko. (maj)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 52,874
  • 18,159