Tidak Bisa Jalan Dan Rusak Berat, Tiba Masanya Randis Akan Dilelang Tahun Ini

10 views

Share :

WhatsApp Image 2024-05-14 at 23.19.40

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Di tahun 2023 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko gagal melakukan lelang kendaraan dinas (Randis) baik roda dua dan empat yang dipinjamkan ke OPD di lingkup Pemkab Mukomuko, Maka dari itu direncanakan akhir tahun ini lelang Randis dilaksanakan. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko Eva Tri Rosanti SH membenarkan tahun ini akan dilakukan lelang randis sebab sudah banyak Randis yang memasuki masa usia lelang bahkan sudah ada yang rusak dan tidak bisa berjalan lagi.

“Setelah sempat tertunda kita pastikan akhir tahun kita gelar lelang yang bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu,”kata Eva.

Ditambah Eva berkaitan dengan rencana lelang Randis yang sudah dirancang sejak beberapa tahun lalu. Saat ini tengah dilakukan penghitungan kembali oleh bidang aset untuk mengetahui secara pasti, berapa jumlah kendaraan yang akan dilakukan lelang tahun ini.

“Untuk lelang Randis nantinya kita akan menurunkan tim dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu. Agar mereka bisa menentukan berapa nilai lelang dari suatu barang, tentunya berdasarkan kondisi kendaraan,”ujarnya.

Lelang ini sangat penting dilakukan, sebab jika kendaraan dinas milik Pemkab Mukomuko yang sudah rusak parah tersebut tidak dilakukan lelang, pengeluaran daerah juga ikut membengkak karena kendaraan sudah tua hingga sering rusak. Belum lagi pajak kendaraan harus dibayar setiap tahunnya, walau kadang kendaraan dalam keadaan sudah tidak bisa digunakan lagi. Maka dari itu harus cepat dilelang agar daerah tidak rugi karena nilai lelang akan semakin turun, ” “Tentunya jika kita terus menunda Randis ini akan semakin rusak dan mempengaruhi harga lelang,”terangnya.

Lanjutnya, untuk inventarisir ini bukan hanya melihat secara langsung keberadaan kendaraan dinas. Namun juga untuk memastikan kondisi dari kendaraan dinas tersebut. Hingga saat ini pihaknya juga mengaku belum tahu pasti, berapa jumlah kendaraan dinas milik Pemkab Mukomuko yang rusak berat dan perlu segera dilakukan lelang. Karena detailnya tengah diperbaharui bidang aset. Namun seiring berjalannya waktu, maka di pastikan jumlah kendaraan dinas yang rusak berat sudah bertambah banyak.

“Karena kendaraan itu dipakai terus, makanya untuk jumlahnya belum bisa diperkirakan. Sebab meski umurnya sudah ada yang tua, tapi masih layak dioperasikan,”ujarnya.

Eva juga menjelaskan, salah satu ketentuan, kendaraan dinas sudah layak dilelang jika telah berusia diatas 7 tahun, dimana secara umum kendaraan dinas ada yang sudah berusia hingga 10 tahun. Namun keputusan melelang kendaraan dinas tidak hanya berdasarkan usia, tapi juga dilihat dari kelayakan operasinya. Karena kendaraan dinas yang sudah dilelang akan diganti dengan kendaraan baru, sementara daerah tidak mampu melakukan pengadaan kendaraan dalam jumlah banyak secara sekaligus, maka dari itu terkadang walau sudah diatas 7 tahun, belum tentu dilelang.

“Untuk lelang kendaraan dinas kita harus sesuai dengan regulasi dan berkoordinasi dengan pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu. Setelah tahu berapa jumlah kendaraan yang akan dilelang maupun dihapus, baru kita esekusi untuk pelaksanaan lelang, sehingga Randis ini bisa menghasilkan uang bagi negara, ” jelas Eva. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 54,554
  • 19,310