Polsek Selagan Raya Gagal Dibangun Tahun Ini, Peliknya  Biaya Pembebasan Lahan Yang Tidak Kunjung Disepakati

1273 views

Share :

BUSTARI

MUKOMUKO, MMUNOL.COM — Pembangunan kantor Polsek Selagan Raya tahun 2023 ini dipastikan gagal dilaksanakan setelah beberapa kali berupaya dimana hingga tiga kali pindah lokasi. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Mukomuko Heri Afian Efendi ST.MT pada Selasa 07/11/2023.

Disampaikan Heri, ada tiga pengerjaan pembangunan kantor Polsek yang seharusnya dilaksanakan di tahun 2023 ini. Namun untuk pembangunan kantor Polsek Selagan Raya ini batal dilaksanakan. Dimana batalnya pembangunan karena tersandung dengan biaya pembebasan lahan yang tidak disepakati oleh pemilik lahan. Sebab nilai ganti rugi, atau nominal pembelian lahan yang ditetapkan Pemerintah kabupaten Mukomuko terlalu kecil.

“Kita sudah tiga kali pindah lokasi namun tidak juga menemukan harga yang sesuai dengan ketetapan Peraturan Menteri Keuangan (Pemenkeu). Dengan besaran ganti rugi yang disiapkan kurang lebih Rp 50, untuk luas lahan yang dibutuhkan. Kurang lebih 1/4 Ha, ” terangnya.

Heri menambahkan, tiga lahan masyarakat yang gagal diganti rugi tersebut mematok harga sebesar, seratus juta ke atas. Untuk spesifikasi letak dan luas lahan yang dibutuhkan, tentu Pemkab Mukomuko tidak berani mengikuti harga sesuai keinginan masyarakat, hal ini berkaitan dengan besaran nilai ganti rugi yang sebelumnya telah ditetapkan.
“Kita telah berupaya di tahun ini. Memang harga ganti rugi yang ditetapkan tidak disepakati oleh masyarakat, menjadi kendala utama,”ujarnya.

Heri menyampaikan, meskipun demikian guna memutus rentang jarak, dan memberikan kemudahan kepada masyarakat mendapatkan pelayanaan Polri. Kantor Polsek Selagan Raya ini akan terus diupayakan, namun kemungkinan di tahun 2024 mendatang, karena keterbatasan waktu di tahun ini, “Pembangunan Polsek tetap kita lanjutkan, sebab ini kepentingan bersama. Maka dari itu akan kita lanjutkan di tahun 2024 mendatang, ”sampainya.

Lanjutnya, sedangkan untuk pembangunan Polsek Air Manjunto dan Polsek Air Rami,  lahan memang telah siap jadi tidak terhambat proses ganti rugi lahan. Untuk pengerjaan pembangunan sampai saat ini masih terus berjalan. Dengan target sebelum akhir tahun 2023 ini pengerjaan fisik akan rampung, “Kalau pembangunan dua kantor Polsek tersebut lahan memang telah siap. Maka dari pengerjaan pembangunan fisik berjalan. Kemungkinan besar awal tahun 2024 Polsek Air Manjunto akan difungsikan,”tandasnya. (slr

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 51,647
  • 17,346