Pemdes Saribulan Akan Bangun Sarana Sanitasi Air Bersih Bagi Warga

42 views

Share :

WhatsApp Image 2024-03-14 at 08.42.57

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Guna menyediakan kebutuhan air bersih bagi warga desa Saribulan, Pemerintah desa Saribulan akan melaksanakan program sanitasi air bersih dengan  membangun Pamsimas di tengah desa. rencana ini  dilakukan untuk menambah Pamsimas yang sudah ada  namun masih kurang dalam pemenuhan air bersh bagi seluruh warga Saribulan. hal ini diungkapkan oleh kepala desa Saribulan di kantornya pada Rabu,13/03/2024.

Menurut Kepala desa Saribulan ,Hermansyah, kebutuhan Pamsimas untuk desa Saribulan sebanyak 3 lokasi yang akan dibangun.  saat  ini yang ada masih memamfaatkan Pamsimas di dekat Kantor desa yang mana mesinnya rusak dan akan segera diatasi dengan mempergunakan dana SILPA tahun yang lalu. dan rencananya sumur bor di SD N 4 Air Dikit akan dibangun dengan membuat tower penampung air yang akan disalurkan ke rumah rumah warga,
” kebutuhan air bersih ini sangat dirasakan warga Saribulan ketika musim kemarau tahun lalu di mana warga sangat kewalahan dalam mengatasi  kekurangan sumber air bersih, ” sampai Hermansyah.

BACA JUGA : Guna Memenuhi Kebutuhan Warga Akan Air Bersih, Pemdes Pondok Lunang Akan Bangun Sarana Sanitasi Air Bersih

Selain itu ungkap Hermansyah, direncanakan akan membangun Pamsimas di dekat Pustu sehingga pendistribusian air bersihnya nanti bisa memcakup semua rumah warga , Pamsimas yang ada saat ini di kantor desa untuk rumah warga bagian selatan desa , sementara sumur yang ada di SDN 4 bagian tengah desa dan sebelah Pustu untuk bagian utara desa, ” itulah program  kita untuk pemenuhan kebutuhan  air bersih warga, untuk saat ini masih proses verifikasi  gambar, habis lebaranlah nanti semuanya dikerjakan, ” jelas Hermansyah.

Dalam tahun ini juga, Pemdes juga mau membuat siring di samping Pustu yang mana selama ini  sering digenangi air apabila hujan datang, rencananya akan dibuat drainase sepanjang 100 M dengan anggaran dari DD .sampai saat ini masih dalam perencanaan, sampa saat ini belum jelas , masih dverifikasi gambar, selain itu dananya masih kurang selebihnya nanti paling swadaya dari masyarakat, ” ujar Hermansyah.

Video :  https://mmunol.com/video/https-www-youtube-com-watchvw6mpxvezjb0t27s/

Selain itu, Pemdes juga akan melakukan perehaban TK yang ada di samping kantor desa, yang mana seng sama rangka penyanggga tap sudah lapuk. rencananya semua seng dan rangka atap akan dibongkar dan diganti yang baru, “akan diganti dengan rangka baja dan dipasang plafon, terkait anggaran sampai saat ini masih diverifikasi gambar, ” ungkap Hermansyah.

Terkait penerima dana BLT DD yang akan disalurkan tahun ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. sesuai dengan rapat desa  jumlah penerima dana BLT tahun ini  sebanyak 35 orang. yang diprioritaskan bagi warga yang sudah lanjut usia, penyakit menahun dan disabilitas,

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 51,649
  • 17,347