Saat Ini DPTb Terus Bertambah, Sementara Rapat Pleno Belum Dilaksanakan

310 views

Share :

_IMG_000000_000000

MUKOMUKO, MMUNOLCOM – Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko. Hingga kemarin (16/1) sudah ada 1000 pemilih yang masuk kedalam Daftar pemilih tambahan (DPTb). Dimana jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah. Hal ini disampaikan Anggota KPU Mukomuko Misbahul Amri.

Meskipun sudah ada 1000 DPTb, diyakini jumlah tersebut belum final dan akan kembali bertambah. Sebab saat ini masih banyak penambahan pemilih dalam DPTb, tetapi belum dilakukan pleno. Karena penambahan ini secara berangsur-angsur terjadi.

“1000 pemilih yang masuk dalam DPTb tersebut, kita dapatkan dari pemilih yang masuk ke Mukomuko, karena alasan lainnya,”kata Bahul.

Ia menjelaskan, kategori pindah memilih itu, ada sembilan. Dari sembilan kategori itu, ada empat kategori yang diberikan waktu melaporkan diri. Untuk pindah memilih paling lama tujuh hari sebelum (H-7) Pemilu. Kategori orang pindah memilih itu salah satunya orang yang pindah memilih karena pindah domisili, karena faktor pendidikan, bekerja di luar domisili, dan sebagainya.
“Empat katagori yang diwajibkan untuk melapor terkait pindah memilih. Pindah tugas bekerja, orang yang sakit, tahanan, termasuk orang sekolah juga harus melapor pindah memilih paling lama H-7 sebelum Pemilu,”ujarnya.

Ia menyampaikan, KPU Mukomuko telah menjadwalkan pelaksanaan rapat pleno penetapan jumlah DPTb untuk Pemilu 2024 di Mukomuko pada awal Februari mendatang. Sedangkan untuk tahapan DPTb sudah berlangsung lama, yakni mulai dari penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pada bulan Juli 2023 hingga di awal Februasi mendatang.

“Untuk pendataan DPTb masih masih akan berlangsung. Maka dari itu bagi warga dari luar daerah yang akan menggunakan hak pilihnya di Mukomuko. Diminta segera melapor kepada petugas kami yang ada di setiap Kecamatan,”terangnya.

Selain itu KPU Mukomuko juga terus melakukan berbagai upaya untuk mendapat data orang yang pindah memilih. Baik dengan menyurati perusahaan, instansi pemerintah, dan kalangan swasta. Untuk meminta data bagi daftar pemilih tambahan untuk Pemilu 2024 di Mukomuko.

“Kami akan berupaya maksimal menyukseskan Pemilu tahun ini. Dimana salah satunya mengurangi angka tidak memilih atau Goput. Sehingga setiap orang bisa menggunakan hak pilihnya untuk masa depan Indonesia lima tahun kedepan,”tandasnya. (bsm)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 13
  • 6
  • 38,463
  • 15,678