Sempat Tertunda , Akhirnya Gerobak Bantuan Pemprov Bengkulu Disalurkan

152 views

Share :

WhatsApp Image 2023-07-21 at 17.46.29

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Sempat tertunda  untuk penjemputan tiga unit gerobak dorong bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu yang akan di bagikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Mukomuko, akhirnya kemarin (20/7) gerobak bantuan tersebut rampung juga di salurkan Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkopukm) Kabupaten Mukomuko. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperindagkopukm Kabupaten Mukomuko, Nurdiana SE, M.Ap membenarkan bahwasanya penyaluran gerobak bantuan tersebut sempat mengalami hambatan terkait ongkos transportasi dari Kota Bengkulu. Namun ketiga gerobak saat ini sudah disalurkan kepada pedagang yang membutuhkan.

“Tiga unit gerobak dorong yang diperoleh Pemkab Mukomuko dari program bantuan Pemprov Bengkulu ini kami salurkan ke pedagang langsung di tiga Kecamatan. Kota Mukomuko, Penarik dan Kecamatan XIV Koto, ” kata Nurdiana.

Nurdiana menambahkan, sebelumnya ada sekitar 25 pelaku UMKM yang mengusulkan bantuan gerobak sebagai sarana prasarana mendukung usaha. Namun saat ini hanya tiga unit gerobak dorong yang dapat di salurkan itupun bantuan dari Pemprov. Tentunya hal ini berkaitan dengan ketersedian anggaran di tahun ini yang di tahun sebelumnya tidak dilakukan pengusulan.

“Bagaimana kita mau memfasilitasi seluruh usulan pedagang kalau anggaran tidak ada, dan memang belum diajukan tahun lalu, “ ujarnya.

Selain itu, Nurdiana juga menyampaikan bahwa di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah  (APBD) Mukomuko, Disperindagkopukm akan mengusulkan pengadaan gerobak motor untuk membantu pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Mukomuko. Karena sejauh ini usaha masyarakat yang bergerak di bidang UMKM di Mukomuko terus bertambah. Yang semulanya ada sekitar lima ribuan pelaku UMKM yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan di Kabupaten Mukomuko. Hasil validasi lapangan, data terbaru jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Mukomuko telah mencapai 10 ribuan. Maka dari itu sudah sewajarnya Pemkab Mukomuko membantu pelaku usaha ini.

Jumlah pelaku UMKM terus meningkat. Sekitar lima ribuan pelaku usaha, nantinya secara bertahap pelaku UMKM ini akan kita bina agar keberlangsungan usaha mereka menapaki kemajuan, ”tutupnya.

 “Meskipun sempat tertunda akhirnya kami bisa menerima gerobak baru, sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Pemprov yang telah memberikan bantuan gerobak dan Pemkab Mukomuko yang telah membantu biaya transportasi dari Kota Bengkulu,”tandasnya. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 35
  • 15
  • 53,534
  • 18,589