SUTT Akan Beroperasi, Pembangkit Tenaga Mesin Diesel Akan Ditutup

8 views

Share :

PLN SUTT

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Pemerintah kabupaten Mukomuko secara bersama dengan PT. PLN akan segera melaksanakan penutupan genset diesel sumber daya listrik di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Dalam penyampaiannya, Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM,Ak,CA,CPA,CPI mengatakan bahwa penutupan listrik diesel pasca telah beroperasinya jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Gardu Induk (GI) 150 kV di wilayah Kabupaten Mukomuko sejak awal Januari 2024 ini.

Dari hasil uji coba pihak PLN, jaringan SUTT di Kabupaten Mukomuko yang dapat dituntaskanB pembangunannya di akhir tahun 2023 lalu dinyatakan dapat beroperasi dengan baik.

‘’Alhamdulillah, SUTT yang kita perjuangkan bersama sudah berfungsi dengan baik. Hasil rapat terakhir kita dengan pihak PLN, dalam waktu dekat secara seremoni bersama-sama menutup yang namanya pembangkit diesel di Kabupaten Mukomuko,’’ kata Bupati Sapuan.

Untuk penutupan mesin listrik tenaga diesel di Kabupaten Mukomuko dilaksanakan secara bertahap. Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan pihak PLN baru-baru ini, ia mengatakan bahwa penutupan mesin diesel akan diberlakukan sementara di dua wilayah operasional, ” Penutupan mesin diesel akan dilakukan untuk wilayah Dapil I dan Dapil 2. Khusus Dapil 3, genset tersebut belum bisa disetop total, namun akan dijadikan sebagai mesin cadangan,’’ kata Bupati Sapuan.

Selanjutnya Bupati Sapuan mengatakan penutupan mesin diesel listrik tidak sekaligus di semua wilayah Kabupaten Mukomuko, secara teknis pihak PLN memiliki kajian dan alasan yang kuat.

Dikatakan Bupati Sapuan, dari hasil koordinasi dengan pihak PLN, didapatkan bahwa jauhnya jarak gardu induk SUTT dengan Dapil 3, maka daya listrik untuk wilayah ini belum stabil, ‘’Jauhnya gardu induk, hingga membuat tegangan ke Dapil 3 sedikit turun naik. Itu informasi teknis yang kami dapatkan dari PLN,’’ ujarnya.

Wilayah operasional listrik diesel Dapil 1 yang dimaksudkan Bupati Mukomuko, meliputi 5 wilayah. Kecamatan Kota Mukomuko, Air Manjuto, V Koto, XIV Koto dan Lubuk Pinang.

Kemudian Dapil 2, meliputi Kecamatan Air Dikit, Penarik, Selagan Raya, Teramang Jaya dan Teras Terunjam.

Menyusul wilayah Dapil 3, mulai dari Kecamatan Pondok Suguh, Sungai Rumbai, Ipuh, Malin Deman dan Air Rami.

Menurut Bupati Sapuan, dari masing- masing wilayah ini telah terkoneksi oleh jaringan listrik SUTT hasil pembangunan tahun 2023 lalu.

‘’Sebenarnya, hari ini Dapil 1 dan Dapil 2 sudah terkoneksi dengan jaringan listrik SUTT. Tinggal menunggu waktu, berhubungan genset ini milik PLN, tentu kita butuh koordinasi yang pas,’’ terangnya.

Perlu diketahui, pihak PLN menginginkan semua mesin genset atau mesin diesel pembangkit listrik di daerah ini untuk segera dilaksanakan penutupan. Ini berkaitan dengan penghematan biaya operasional PT. PLN, ‘’Pihak PLN menginginkan penutupan diesel ini secepat mungkin, untuk meringankan biaya produksi PLN,’’ ulasnya.

Dengan beroperasinya listrik SUTT dan GI 150 kV di wilayah Kabupaten Mukomuko, Pemerintah Kabupaten Mukomuko mengimbau masyarakat untuk secara bersama menjaga agar jaringan listrik ini jauh dari gangguan, ” Mari bersama-sama kita menjaga, khususnya pohon-pohon tanaman tumbuh kita di sekitar arus listrik. Karena sekarang listrik kita tegangan tinggi. Mari bersama-sama kita menjaga ini, agar tidak ada gangguan,’’ demikian Bupati Sapuan.

Di sisi lain, tujuan pemerintah dalam hal ini pihak PLN melaksanakan pembangunan jaringan listrik SUTT dan gardu induk 150 kV di wilayah Kabupaten Mukomuko, pertama untuk menjawab persoalan krisis listrik yang terjadi di daerah selama ini.

Di samping itu, pemenuhan kebutuhan daya listrik yang cukup dan memadai bagi masyarakat dan dunia usaha. Dengan adanya pembangunan ini, secara otomatis akan mendukung perkembangan ekonomi masyarakat.

‘’Dengan daya listrik yang cukup dan memadai ini, tidak ada lagi keraguan masyarakat dalam berusaha. Terkhusus yang selama ini berhubungan dengan listrik. Mudah-mudahan, dengan sumber daya listrik yang memadai ini, mendorong kemajuan ekonomi masyarakat,’’ pungkasnya. (red)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 9
  • 3
  • 38,459
  • 15,675