Tambah Formasi Penerimaan Tamatan SMA Sederajat, Kepala BKPSDM Sebut Itu Sesuai Permintaan OPD

30 views

Share :

pendaftaran-cpns-dan-pppk-2024

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Guna mempertahankan kualitas pelayanan masyarakat di setiap OPD, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko menambah kualifikasi pendidikan tamatan SMA sederajat pada Penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini Menambah kesempatan pegawai honorer daerah (Honda) yang hanya tamatan SMA sederajat, memiliki kesempatan untuk manjadi Aparatur Sipil Negara. Usulan awal untuk Tamatan SMA sederajat hanya untuk 59 formasi, sekarang jumlahnya mencapai sekitar 150 formasi teknis dimana formasi SMA ini untuk petugas teknis seperti di Dinas Satpol PP anggta Trantibumnya, pegawai administrasi umum baik di Puskesmas maupun di OPD serta lainnya.

“Kami tambah khusus kualifikasi pendidikan jalur SMA karena saat ini Honda di posisi ini masih banyak jumlah, dan juga berdasarkan permintaan OPD teknis melalui sistem,itu sengaja ”kata kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko Wawan Santoni S.Hut, M.Si.

Selanjutnya Wawan menambahan bahwa saat ini data formasi penerimaan CASN tahun 2024 sudah diserahkan ke Menpan-RB melalui aplikasi SIASN, yang disesuaikan dengan perihal kebutuhan prioritas dan kualifikasi pendidikan. Ada beberapa perubahan formasi dari yang di usulkan sebelumnya, dan itu menyesuaikan dengan petunjuk pusat. Termasuk penyediaan dan penambahan kuota formasi dengan kualifikasi pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

“Penambahan formasi tersebut juga dapat membantu Opd terkait mendapatkan pegawai yang statusnya ASN, serta membantu pegawai tersebut berpeluang mendapatkan kepastian status menjadi ASN,”ujarnya.

Lanjutnya, untuk penerimaan CASN seluruhnya ada 1000 kuota Calon Aparatur Sipil Negara. 150 kuota untuk penerimaan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 850 kuota untuk PPPK, dengan rincian formasi yang akan dibuka tenaga guru sebanyak 400 formasi, dengan beberapa jurusan. PPPK tenaga teknis sebanyak 300 formasi dan tenaga kesehatan 150 formasi. Sedangkan untuk rincian jumlah kuota dan formasi penerimaan CPNS, tenaga kesehatan 75 formasi dan tenaga teknis 75 formasi.

“1000 ini memang usulan kita yang telah di setujui, tentunya kita berani meminta 1000 sudah ada pertimbangan matang yang telah kita lakukan sebelumnya, ”terangnya.

Wawan juga mengatakan hingga saat ini Pemkab Mukomuko masih belum menerima petunjuk pelaksana dan petunjuk terknis (Juklak dan Juknis) berkaitan dengan pelaksanaan penerimaan CASN tahun ini. Maka dari itu saat ini belum dilakukan pembukaan pendaftaran karena masih menunggu petunjuk pusat berkaitan dengan jadwal, “ Kami hanya bisa menunggu, karena terkait jadwal itu pusat yang menentukan, dipastikan dalam bulan Juni 2024 ini pendaftaran belum akan dibuka,”ujarnya.

Untuk mempermudah dalam proses seleksi jika tidak ada perubahan sebelumnya, penerimaan akan dibagi sebanyak tiga sesi seleksi. Untuk lokasi kemungkinan besar bisa di Kota Bengkulu dan di Kota Padang. Namun berkaitan dengan tanggal masih menunggu kepastian.

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 54,554
  • 19,310