Tinggal Menunggu PraVerifikasi, BPBD Mukomuko Berharap Rehabilitasi Rekonstruksi Terealisasi

278 views

Share :

WhatsApp Image 2023-11-22 at 20.53.41

MUKOMUKO, MMUNOL.COM –  Pemerintah Kabupaten Mukomuko terus memberi dukungan kepada setiap OPD  yang ada di lingkungan sekretariat daerah Mukomuko untuk dapat mengajukan usulan  ke pemerintah pusat sesuai dengan link OPd masing masing . hal ini dilakukan karena begitu minimnya dana yang ada di daerah sehingga setiap kepala OPd yang ada diarus proaktif dan memiliki inisiatif untuk bergerak  mendata sarana prasarana maupun  kegiatan yang sangat urgent dan membutuhkan dana yang sangat besar dan dilakukan pengajuan usulan ke pemerintah Pusat.

Tidak terkecuali dengan Opd Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), saat ini juga telah mengajukan usulan pembangunan yang membidangi  Penanggulangan Bencana. meskipun sudah ada OPd lain yang membidangi infrastruktur jembatan dan jalan yaitu Dinas PU & PR, namun BPBD Mukomuko juga  mengusulkan pembangunan jembatan sebagai jalur evakuasi dalam menghadapi bencana, seperti contohnya jembatan Pondok Lunang yang sangat dibutuhkan warga sebagai jalur evakuasi penyeberangan pada saat bencana tsunami  datang dari desa Sari Makmur menuju ke tempat yang lebih tinggi  Desa Pondok Lunang.

Selain itu jembatan itu  juga sangat dibutuhkan warga sebagai jalan pintas warga menuju Kota Mukomuko, dan yang paling penting bagi warga adalah sebagai  jalan penyeberangan hasil perkebunan warga  yang sebagian besar warga Pondok Lunang dan warga desa lainnya berkebun di seberang jembatan. hal ini  dIsampaikan oleh Kepala BPBD kabupaten Mukomuko, Ruri ST,MT pada Senin,20/11/2023 yang lalu.

Disampaikan Ruri,  Pengajuan  Rehabilitasi Rekonstruksi infastruktur jembatan ke BNPB  Pusat  seperti jembatan Pondok Lunang, dan pengaman jembatan Air Hitam, Makmur Jaya, kecamatan Air Rami sudah diusulkan, Pengaman jembatan Makmur Jaya sangat dibutuhkan warga sekitar sebagai akses utama di desa tersebut dan apabila tidak segera dilakukan perehaban dikwatirkan akan mengakibatkan abumen jembatan menjadi hancur dan bisa mengakibatkan jembatan jadi terputus   ,”kalau langsung direhab, jembatan jadi terlindungi,  intinya saat ini usulan dari BPBD Mukomuko telah kita ajukan ke BNPB pusat , dan kemarin lagi rame rame sudah ditinjau oleh BPBD Provinsi Bengkulu, ” ujar Ruri.

Terkait dengan bagian apa saja nanti yang dilakukan perbaikan, Ruri mengatakan bahwa saat ini masih fokus dalam pengajuan usulan yang saat ini sudah diproses, mengenai bagian apa saja nantinya yang akan diperbaiki adalah teknis di lapangan, ” yang jelas saat ini , BPBD mengajukan RR ( Rehabilitasi Rekonstruksi) ) ke BNPB Pusat , mudah mudahan aja secepatnya ditindaklanjuti, itu harapan kita, deal atau tidaknya nantilah  ” harap Ruri.

Saat ini BPBD masih menunggu praverifikasi dari BNPB pusat dan kunjungan tim BNPB ke Mukomuko untuk meninjau kembali lokasi yang akan dilakukan perehaban, ” kita tidak tahu sampai kapan, mereka yang punya jadwal, kalau bisa secepatnya, maunya kita, tapi sekali lagi jadwalnya ya BNPB pusat yang menentukannya, semoga saja terealisasi di tahun 2024, ” harap Ruri. (slr)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 1
  • 1
  • 52,875
  • 18,160