Waspada Terhadap Modus Penipuan Online, Kapolres Mukomuko Ingatkan Ini

80 views

Share :

IMG_20231027_101858

MUKOMUKO, MMUNOL.COM — Maraknya kembali penipuan berbasis online saat ini sangat meresahkan masyarkat, mulai dari menggunakan pesan whatsapp yang mengharuskan mengklik Application Package File (APK), kemudian melalui telepon, dan dengan modus mencari teman menggunakan Aplikasi. Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto SH, S.IK, MH mengatakan, saat ini kemajuan teknologi membuat apapun mudah diakses melalui jaringan online. Maka dari itu tentunya masyarakat juga harus bisa lebih teliti dalam menggunakan atau mengakses sesuatu berbasis online. Karena lemahnya pengetahuan akan kemajuan teknologi, dan minimnya rasa ingin tau di tengah masyarakat menjadi peluang bagi oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan dengan tindakan yang dapat merugikan orang lain.

“Kami ingatkan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat menggunakan alat komunikasi, jangan mudah percaya dan mengikuti perintah dari satu aplikasi jika kita tidak mengetahuinya, karena saat ini bermacam-macam modus penipuan sudah banyak memakan korban, ”kata Kapolres Mkomuko ketika dikonfirmasi wartawan mmunolcom pada Kamis 26/10/2023.

Kapolres menambahkan, meskipun saat ini hanya ada beberapa laporan terkait penipuan online. Namun seluruh jajaran yang ada di Polsek-Polsek melalui Bhabinkamtibmas sudah diminta turun langsung ke masyarakat untuk memberikan edukasi terkait adanya penipuan berbasis online. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak menjadi korban sehingga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap terjaga. Selain itu juga anggota yang bertugas di lapangan juga meminta masyarakat melaporkan segera jika terjadi adanya indikasi penipuan ke pihak kepolisian terdekat.

“Koordinasi, komunikasi, serta edukasi sangat diperlukan masyarakat guna menghindari menjadi korban penipuan. Maka dari itu saat ini kami langsung turun ke lapangan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, ”ujarnya.

Lanjutnya, selain penipuan melalui alat komunikasi, masyarakat juga diminta untuk waspada terhadap penipuan belanja online dengan harga murah, yang saat barangnya dikirim ternyata tidak sesuai pesanan. Sehingga terkadang terjadi keributan antara kurir dan yang memesan.

“Pastikan ketika ingin berbelanja, jangan tergiur dengan harga murah. Karena pada dasarnya tidak mungkin penjual ingin rugi. Jika terjadi barang yang dibeli tidak sesuai pesanan, jangan mengambil sikap untuk mengintimidasi kurir, namun lakukanlah retur atau pengembalian barang, agar tidak rugi dua kali karena harus berurusan dengan hukum,”tandasnya. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 1
  • 1
  • 52,875
  • 18,160