13 Parpol Maju Pileg DPRD Mukomuko, Selebihnya Gugur

44 views

Share :

_IMG_000000_000000

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Masa perbaikan dokumen persyaratan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Mukomuko telah usai. Yang dimulai pada (26/6) sampai dengan (9/7) lalu. Belum sempat ditetapkan sebagai calon tetap DPRD Mukomuko, sebagian Bacaleg sudah berguguran. Tidak hanya itu, Partai politik (Parpol) peserta Pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024 yang bakal mengikuti Pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Mukomuko juga ikut berkurang. Hal ini disampikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko Deny Setiabudi. Masa perbaikan berkas Bacaleg telah ditutup pada Minggu malam (9/7) pukul 23.59 WIB. Bagi Parpol yang semua Bacalegnya Belum Memenuhi Syarat (BMS), dan kemudian tidak menyerahkan berkas perbaikan pada waktu yang telah ditentukan, maka otomatis Parpol demikian tidak dapat mengikuti Pileg DPRD Mukomuko pada Pemilu Februari 2024 mendatang.

“Begini, Parpol Nasional peserta Pemilu 2024 itukan ada 18 Parpol. Pada saat pendaftaran kemarin hanya 15 Parpol yang mendaftarkan Bacalegnya. Nah, pada saat perbaikan kemarin, itu hanya 13 Parpol yang menyerahkan berkas perbaikan, otomatis sisanya dinyatakan mundur,”kata Deny.

Deny menambahkan, sampai dengan akhir perbaikan, KPU Mukomuko hanya menerima berkas perbaikan Bacaleg dari 13 Parpol, sedangkan dua Parpol lagi tidak menyerahkan perbaikan Bacalegnya. Untuk 13 Parpol tersebut, Partai Golkar, PPP, PDIP, Gelora, PKS, Demokrat, Nasdem, PAN, Gerindra, PKB, Perindo, Hanura, dan PBB. Sedangkan dua Partai yang tidak memperbaiki berkas Bacalegny, PSI, dan Partai Buruh. Sedangkan tiga Parpol yang sama sekali tidak mendaftarkan Bacalegnya ada tiga Parpol, Partai Garuda, PKN dan partai umat. Jika berpatokan pada aturan saat ini, maka kemungkinan besar, untuk Pileg DPRD Mukomuko pada Pemilu 2024 nanti hanya diikuti 13 Parpol.

“Lima Parpol tidak bisa ikut Pileg DPRD Mukomuko. Pertama tiga Parpol tidak mendaftarkan Bacalegnya, kemudian dua Parpol tidak menyerahkan berkas perbaikan Bacalegnya. Makanya cuma 13 Parpol yang akan berkompetisi nantinya,”terang Deny.

Lanjutnya, mengenai total Bacaleg dari 13 Parpol, yang akan di tetapkan mencadi caleg belum dapat disampaikan, karena belum bersifat final. Setelah ini masih ada verifikasi berkas dan perbaikan lagi.

“Sebaiknya untuk total Bacaleg kita sampaikan setelah verifikasi. Kalau sekarang masih berproses. Masih banyak tahapan,”tandasnya. (rjh)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 8
  • 4
  • 52,794
  • 18,100