Banjir Mukomuko, 93 Rumah Terendam Banjir, Satu Jalan Provinsi Putus

7 views

Share :

WhatsApp Image 2023-08-16 at 08.51.04

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mukomuko dampak cuaca ekstrem yang terjadi pada (13/8) hingga (14/8) dini hari. Mengakibatkan banjir di Desa Pondok Kopi, Desa Tunggal Jaya Kecamatan Teras Terunjam, selanjutnya Desa Wonosalam Sumber Makmur Kecamatan Lubuk Pinang, Desa Sidodadi Kecamatan Penarik, Desa Lalang Luas Kecamatan V Koto, Desa Pondok Batu, Desa Tanah Harapan, kelurahan Bandar Ratu Kecamatan Kota Mukomuko, dan Desa Rawa Mulya Kecamatan XIV Koto, serta desa Air Manjunto.

 

“Untuk data sementara kami rumah terendam banjir di Kecamatan Teras Terunjam desa Pondok Kopi 62 rumah, Desa Tunggal Jaya 15 rumah dan Desa Air Manjunto 16 rumah. Selain itu juga menyebabkan 1 unit jalan putus ruas jalan Provinsi Bengkulu, tepatnya di Desa Sungai Lintang Kecamatan V Koto, yang menghubungkan ke desa Pondok Tengah, hingga ke Panarik,”kata Kepala Pelaksana BPBD Mukomuko Ruri ST, MT.

Ruri menambahkan, sekitar pukul 15.30 Wib kemarin (14/8) air di masing-masing titik banjir sudah mulai surut. Meskipun demikian tim tetap disiagakan jika terjadi situasi darurat mengingat saat ini, Kabupaten Mukomuko masih dibayangi awan pembawa hujan. Maka dari itu masyarakat diminta untuk tetap selalu waspada.

“Kami akan selalu siaga untuk mengantisipasi dampak negatif dari cuaca buruk, sebab kemungkinan terjadi banjir susulan bisa saja terjadi,”ujarnya.

Lanjutnya, berkaitan dengan kerusakan, BPBD Mukomuko sudah berkoordinasi dengan dinas teknis yang membidangi agar dapat ditindak lanjuti. Kemudian juga berkaitan dengan korban bencana banjir ini, BPBD juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Mukomuko berkaitan dengan pemberian bantuan, sebab untuk bantuan korban bencana ini bukan wewenang BPBD Mukomuko.

“Untuk tenda darurat dan juga dapur umum itu wewenang Dinas Sosial, namun kami akan siap jika dibutuhkan. Sebab seluruh persedian kebutuhan bantuan makanan ada di dinas sosial, dan sejauh ini pos dapur umum memang belum di dirikan dinas terkait,”tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko Apriansyah ST, MT membenarkan, akibat cuaca ekstrem (13/8) malam menyebabkan jalan ruas Provinsi putus tidak bisa dilalui. Sehingga saat ini masyarakat harus memutar belasan Kilometer (KM) untuk melanjutkan perjalanan. Adanya kerusakan tersebut telah disampaikan ke PUPR Provinsi Bengkulu agar dapat ditindak lanjuti.

“Kami sudah turunkan tim ternyata memang jalan menunggu ambruk, dimana penahan lintasan air tidak ada lagi sehingga ketika ada beban diatasnya aspal akan ambruk ke air,”tutupnya. (rjh)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 13
  • 12
  • 21,046
  • 9,565