Akibat Kemarau Yang Belum Berakhir, Penyakit Ispa Mengancam Kesehatan

562 views

Share :

puskesmaspadureso_kebumenkab_go_id_010921-3

MUKOMUKO, MMUNOL.COM — Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Kesehatan Dinkes meminta masyarakat untuk menggunakan masker jika bepergian keluar ruangan. Dikarenakan kemarau yang sampai saat ini belum berakhir, sehingga membuat debu dan partikel-partikel kecil yang tidak terlihat beterbangan dan rentan dihirup oleh masyarakat.

Kemudian juga berdasarkan laporan dari 17 Puskesmas yang ada di Mukomuko, saat ini rata-rata empat sampai enam pasien berobat karena mangalami Ispa, dari usia balita hingga lansia, ” Kami tetap menyarankan tetap melaksanakan protokol kesehatan, dan mengunakan masker agar terhindar dari udara yang kurang sehat karena faktor cuaca dan penyebaran penyakit batuk yang banyak menyerang masyarakat saat ini, ” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo S.KM pada Senin,06/11/2023.

Bustam menambahkan, memang tidak ada larangan masyarakat yang tidak menggunakan masker di tempat umum. Namun perlu diketahui mencegah lebih baik dari pada mengobati. Agar kesehatan tetap terjaga dan tidak menggangu rutinitas, meskipun cuaca kurang bersahabat, “Biasanya kesadaran masyarakat berbeda-beda. Namun semoga saja masyarakat mengerti manfaat masker di cuaca seperti saat ini. Terlebih yang sedang sakit, sangat kami anjurkan untuk menjaga dirinya dan orang lain dengan menggunakan masker,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Lubuk Pinang Bayu Arfina Paridawati, S.Kep mengatakan, beberap hari terakhir mayoritas pasien yang berobat karena mengalami batuk dan gatal tenggorokan hingga demam. Tentunya hal ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari konsumsi yang tidak sehat, udara yang kurang bersih dan penularaan dari pasien yang sudah terkena penyakit sebelumnya. Maka dari itu penanganan penyakit ini segera ditindak lanjuti dengan intensif agar tidak terjadi infeksi saluran pernapasan. Meskipun demikian pengobatan yang dilakukan dengan memberikan obat bukan berarti membuat pasien tidak akan terkena penyakit kembali.

“Kami sudah sampaikan kepada pasien agar menggunakan masker ketika bepergian karena saat ini intensitas hujan sangat rendah, maka membuat beberapa jalanan ataupun lingkungan tempat beraktivitas dipenuhi debu yang sangat membahayakan bagi kesehatan. Maka dari itu mencegah dengan menggunakan masker akan lebih baik ketimbang mengobati, ” tandasnya. (slr)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 35
  • 15
  • 53,534
  • 18,589