Antisipasi Kebakaran Akibat Kemarau Dan Angin Kencang, Kapolres MUkomuko Melarang Ini

19 views

Share :

Dilarang bakar lahan

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Kapolres Mukomuko, AKBP Nuswanto, SH, S. IK, MH, menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mukomuko untuk tidak membakar saat akan membuka lahan untuk berkebun.
“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar lahan untuk berkebun dan membakar sampah sembarangan karena saat ini cuaca panas akibat kemarau panjang dan disertai angin kencang,” kata Kapolres Mukomuko, AKBP Nuswanto, SH, S. IK, MH, Kamis, 14/9/2023.

Ia menyampaikan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dalam sosialisasi itu, secara tegas masyarakat dilarang membuka lahan dengan cara dibakar karena ini sudah melanggar hukum dan dapat dipidana.
Kapolres menambahkan apalagi sekarang sedang kemarau panjang dan angin kencang sehingga sangat berbahaya jika terjadi kebakaran hutan.

Kapolres mencontohkan kebakaran hutan di Gunung Bromo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, hanya karena ingin membuat sensasi prawedding agar meriah dengan cara membakar kembang api sehingga berdampak hampir ratusan hektare lahan savana di Gunung Bromo habis terbakar.

Untuk sosialisasi, Kapolres berpesan kepada seluruh Kapolsek beserta jajarannya terutama Bhabinkamtibmas ikut terlibat aktif melakukan patroli secara terpadu, dengan instansi yang terlibat dalam tim penanganan Karhutlah dan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terkait bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Selain memberikan sosialisasi pelarangan pembakaran lahan, Kapolres juga berpesan untuk meminimalisir titik hotspot sehingga potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan lebih kecil. apalagi berdasarkan data dari BMKG ada tiga titik panas terpantau di Kabupaten Mukomuko tepatnya di Mukomuko Selatan dengan level sedang.

Terpantaunya titik panas ini menyebabkan beberapa wilayah di Bengkulu dinyatakan rawan Karhutlah dan kekeringan. (rjh)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 51,647
  • 17,346