Bukti Kinerja Bupati Sapuan Semakin Nyata, Milliaran Dana Inpres Mengalir Ke Mukomuko

501 views

Share :

IMG_20230916_193427 (2)

MUKOMUKO. MMUNOL.COM – Dibanding dengan Kabupaten lain di Provinsi Bengkulu, kabupaten Mukomuko yaitu lewat Perjuangan Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA, CPI , dalam melobi anggaran di Pemerintah pusat sudah menunjukkan hasil yang semakin jelas.

Hal ini dibuktikan dengan adanya miliaran rupiah dana Inpres tersebut sudah mengucur dari pusat ke Kabupaten Mukomuko, dan pembangunan yang dianggarkan dari dana inpres ini, kini sedang dikerjakan sekaligus perubahan di Kabupaten yang berslogan Kapuang Sakti Rantau Batuah.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mukomuko, DR. Abdiyanto, S.H. ,M.Si., C.L.A saat dihubungi awak media mmunol.com pada Sabtu, 16/09/2023.

“Perjuangan bupati tentunya atas nama daerah. Apa yang dihasilkan dalam perjuangannya juga untuk membangun sekaligus menciptakan perubahan untuk daerah Kabupaten Mukomuko secara umum,” ujar Abdiyanto.

Perjuangan Bupati Mukomuko, lanjut Abdiyanto juga sudah dibuktikan mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama yang saat ini sedang proses pengerjaan.

“Khusus Rumah Sakit pratama dengan target sebuah perubahan positif dalam perubahan bidang peningkatan layanan kesehatan terhadap masyarakat di wilayah Ipuh sekitarnya. Karena masyarakat di wilayah Ipuh selama ini cukup jauh dari jangkauan pelayanan RSUD Mukomuko.

“Secara bertahap tanpa mengharap pujian, bupati terus berbuat yang terbaik untuk daerah ini. Cukup yang disajikan berupa hasil dari perjuangan. Mengenai proses dari perjuangan untuk mendapat kucuran dana pusat, itu sudah tanggung jawab bupati. Meskipun kadang mendapat hujatan, cacian dan tudingan miring dari oknum tertentu,” imbuh Abdiyanto

Hal yang lebih membanggakan lagi, baru-baru ini perjuangan bupati Sapuan kembali berbuah manis. Apa itu? Ternyata pada tahun ini, Kabupaten Mukomuko pertama mendapat kucuran dana dari Dana Bagi Hasil (DBH) sektor perkebunan komoditi sawit.

Tak tanggung-tanggung, Kabupaten Mukomuko menjadi sang juara, dengan perolehan terbesar DBH sektor perkebunan seprovinsi Bengkulu yakni Rp. 16,8 Miliar. Sedangkan kabupaten lain di Provinsi Bengkulu mendapat jatah DBH di bawah Kabupaten Mukomuko.

“Dalam petunjuk teknis sesuai surat keputusan menteri keuangan, dana ini dikucur dalam tahun ini. Makanya sudah bisa dicantumkan dalam usulan APBD-P 2023. Untuk pemanfaatan, tentu sesuai kebutuhan yakni meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat petani,” tegas Abdiyanto.

Masih menurut Abdiyanto, bahwa Pemkab Mukomuko melalui dinas terkait nantinya akan meningkatkan jalan usaha tani. Tak luput pula membuka akses jalan baru menuju perkebunan masyarakat. Tujuannya, dapat menekan biaya operasional petani dalam mengelola perkebunannya.

“Jika akses jalan memadai menuju kebun masyarakat, maka petani akan sangat diuntungkan. Karena akan terjadi penghapusan biaya upah panen dan upah pendistribusian pupuk terhadap petani. Jadi hasil panen petani akan menjadi utuh tanpa pemotongan lagi dari toke yang membeli TBS dari kebun petani,” demikian Abdiyanto. (rjh)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 35
  • 15
  • 53,534
  • 18,589