Pemkab Mukomuko Bersama DPRD Sepakati Perda APBD Tahun Anggaran 2024

230 views

Share :

APBD 2024

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Ada peningkatan yang sangat sinifikan dari tahun 2023, Pemerintah (Pemkab) Mukomuko dan DPRD Mukomuko menyepakati Perda APBD Kabupaten Mukomuko tahun anggaran 2024 dengan total pagu sebesar Rp1,074 triliun.

Kesepakatan bersama tersebut ditetapkan melalui sidang paripurna anggota DPRD Mukomuko yang diselenggarakan pada Kamis, 14 Desember 2023.

Dalam arahannya, Bupati Mukomuko, H. Sapuan menitipkan pesan kepada semua perangkat daerah. Dengan telah disepakatinya APBD tahun anggaran 2024 ini, pihaknya meminta program kegiatan pada tahun tersebut dapat dijalankan secara optimal.

‘’Yang perlu kita pesankan, untuk tahun 2024 semua OPD dapat melakukan percepatan-percepatan terhadap program kerja 2024. Dimulai awal tahun, kita menginginkan semua OPD bergerak menyukseskan program kerja yang telah direncanakan. Ukuran kita adalah kinerja. Tolong bayar dengan kinerja terbaiknya,’’ demikian Bupati Sapuan

‘’Raperda APBD Kabupaten Mukomuko tahun anggaran 2024 sudah disepakati bersama DPRD menjadi Perda. Dengan total pagu Rp1,074 triliun,’’ kata Bupati Mukomuko H. Sapuan melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si pada Jum’at, 15/12/2023.

Dari hal ini sudah nampak sekali adanya peningkatan yang begitu signifikan dibandingkan dengan APBD tahun 2023 sebesar Rp925 miliar. plafon APBD Kabupaten Mukomuko 2024 yang telah disetujui bersama eksekutif dan legislatif tersebut jelas sekali ada
Selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Sekda Abdiyanto membenarkan hal tersebut. Menurutnya, peningkatan pendapatan daerah ini didorong dengan besaran dana transfer pusat.

‘’Nilai tambah dari estimasi APBD 2024 ini, didorong dari besaran dana transfer pusat. Kita Kabupaten Mukomuko, selain DAK reguler, juga kebagian DAK tematik KSPP. Kemudian juga ada DBH (Dana Bagi Hasil) kelapa sawit. Untuk lebih rinci, nanti setelah APBD dievaluasi pak gubernur,’’ kata Sekda Abdiyanto.

Selanjutnya, kata Sekda, Perda APBD tahun anggaran 2024 ini segera disampaikan ke Gubernur Bengkulu.

‘’Setelah ini segera kita sampaikan ke Gubernur Bengkulu untuk kembali diproses evaluasi,’’ ujarnya.

Sidang paripurna pengesahan Perda APBD 2024 berlangsung pada Kamis malam sekitar pukul 20.30 WIB di ruang sidang utama DPRD Mukomuko. Jalannya sidang, dihadiri langsung oleh unsur pimpinan DPRD beserta anggota.

Hadiri Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak, CA., CPA, CPI dan Wakil Bupati Mukomuko Wasri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TAPD Kabupaten Mukomuko serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Mukomuko.

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 12
  • 5
  • 38,462
  • 15,677