Targetkan Zero Pemukiman Kumuh Di Mukomuko, Disperkim Ajak Kolaborasi

41 views

Share :

MMUNOLCOM

MUKOMUKO, MMUNOLCOM – Setelah sebelumnya Pemkab Mukomuko menetapkan 28 lokasi perumahan dan permukiman sebagai kawasan kumuh yang membutuhkan penataan. Berdasarkan Keputusan Bupati Mukomuko Nomor 100-115 Tahun 2023. Maka dari itu 28 lokasi tersebut sangat perlu dilakukan penanganan. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Mukomuko, Weni Jaro.

Penetapan tersebut juga berdasarkan Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP). Dimana perumahan kumuh merupakan permukiman yang tidak layak huni. Dengan temperatur bangunan tidak tertata, tingkat kepadatan bangunan yang tinggi dan kualitas bangunan serta sarana prasarana yang tidak memenuhi syarat.

Kondisi kumuh ini dibagi dalam 3 kategori, berat, sedang dan ringan. Dari indikator penilaian, 28 lokasi kumuh yang ditetapkan ini masuk kategori kumuh ringan. Namun tetap menjadi target intervensi penanganan Pemkab Mukomuko dalam mencapai target zero 100-0-100,”terangnya.
Weni menjelaskan, Zero 100 — 0 — 100 ini merupakan target penanganan kawasan kumuh, yang harus 100 persen diselesaikan.

Dengan metode penanganan, pemugaran kawasan permukiman, peremajaan kawasan permukiman dan permukiman kembali. Yang nantinya dalam pelaksanaan dilakukan bersama seluruh OPD lintas sektor. Agar dapat berperan di penanganan atau intervensi terhadap kawasan kumuh, yang bersifat kolaborasi. Khusus Dinas Perkim, tahun ini penanganan kawasan kumuh terfokus di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko.

Di APBD tahun ini, telah dianggarkan Rp200 juta untuk penataan kawasan permukiman kumuh. Sesuai petunjuk dan arahan, program ini kita fokuskan untuk wilayah Kecamatan Kota. Berkemungkinan akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pembangunan drainase lingkungan,”paparnya.

Lanjutnya, luasan 28 kawasan permukiman kumuh tersebut jika ditotal mencapai 485,16 Hektare (Ha), yang tersebar di seluruh Kabupaten Mukomuko. Dengan demikian OPD teknis lainnya diharapkan juga dapat mengarahkan kegiatan di wilayah tersebut dalam rangka menyukseskan penanganan pemukiman kumuh Zero 100 — 0 — 100.

“Yang pastinya jika ingin pencapaian 100 persen kami tidak dapat berjalan sendiri. Maka dari itu OPD teknis lainnya diharapkan dapat mengajukan anggaran, baik itu pembangunan, peningkatan sarana prasana umum dan lainnya di kawasan tersebut,”tandasnya.(bsm)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 10
  • 4
  • 38,460
  • 15,676