Untuk Penguatan Sistem Kesehatan, Dinkes Mukomuko Terima Rp 39 Miliar

186 views

Share :

_IMG_000000_000000

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Di tahun ini,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko akan menerima anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 39 miliar dari Pemerintah pusat. adapun Anggaran ini dikucurkan dalam rangka penguatan sistem kesehatan masyarakat yang seluruhnya akan dialokasikan untuk peningkatan saran prasarana di 17 Puskesmas yang ada di Mukomuko. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko Bustam Bustomo S.KM pada Senin,15/01/2024.

DAK sebesar Rp39 miliar ini merupakan hasil dari usulan yang disampaikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di tahun lalu. Setelah hasil verifikasi usulan dinyatakan lengkap, akhirnya Mukomuko dinyatakan siap menjadi penerima dan pengguna anggaran tersebut.

“ Rp 39 milliar ini akan alokasikan pada peningkatan sarana prasarana 17 Puskesmas kita. Berdasarkan usulan kekurangan di puskesmas tersebut, ” kata Bustam.

Bustam menambahkan, anggaran DAK tersebut akan dibelanjakan mobil ambulance enam unit dan mobil Puskesmas keliling dua. Kemudian pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) 7 unit, pengadaan solar Cell 12 unit, pengelolaan air bersih 10, pembangunan empat ruangan Instalasi Gawat Darurat (IDG), dan penguatan penurunan angka kematian ibu, bayi dan intervensi stunting. Sedangkan untuk terperinci alokasi anggaran belum mendapat petunjuk. Yang pastinya Rp 39 miliar DAK akan dialokasikan pada kegiatan tersebut.

“Saat ini belum dapat rinciannya, yang pasti dari usulan beberapa kegiatan tersebut Pemerintah pusat melalui DAK mengalokasikan Rp39 miliar untuk Kabupaten Mukomuko,”ujarnya.

Untuk seluruh kegiataan nantinya akan dilakukan lelang secara terbuka. Melalui LPSE, yang kemungkinan besar menjelang pertengahan tahun kegiatan sudah mulai berjalan. Sebab terkait penggunaan DAK ini memiliki jangka waktu dan target progres agar kegiatan dapat dibayarkan.

“Setelah ada petunjuk dari pusat, maka persiapan lelang akan kita mulai. Agar kegiatan dapat cepat dimulai,”sampainya.

Lanjutnya, dengan adanya peningkatan sarana prasarana di 17 Puskesmas yang ada di Mukomuko ini, diharapkan bisa meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Sebab peningkatan pelayanan kesehatan merupakan bagian dari program wajib yang harus dilakukan Pemkab Mukomuko setiap tahunnya. (bsm)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 13
  • 6
  • 38,463
  • 15,678