Wakil Bupati Mukomuko Pimpin Rapat Tindaklanjut Hasil Peninjauan Lokasi Kekeringan Sawah Di Kecamatan Ipuh

25 views

Share :

rapat distan

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Guna menindaklanjuti hasil peninjauan lokasi kekeringan sawah tadah hujan di kecamatan Ipuh, Pemerintah daerah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pertanian mengadakan rapat mencari solusi dalam penanganan kekeringan sawah tadah hujan. rapat diadakan di ruang rapat bupati kabupaten MUkomuko pada Selasa, 12/09/2023.

Dalam penyampaiannya kepala dinas Pertanian Kabupaten MUkomuko M.RIzon S.Hut, M.Si memaparkan apa saja yang diperlukan dalam penanganan musibah kekeringan sawah ini  sebagai tindak lanjut  M.Rizon mengatakan bahwa  saat ini sudah membuat rerncana anggara biaya dalam menanggulangi musibah kekeringan sawah ini.adapun penganganna adalah jangka pendek. RIzon juga mengatakan bahwa saat ini perlatan yang ada di lokjasi adalah 15 unit pompa,  5 unit traktor roda dua, dan 4 unit mesin tanam padi.

Selanjutnya Kadis RIzon menjelaskan kondisi dan permasalahan lapangan dari hasil kunjungan lapangan yang mana 260 Ha luas sawah yang tersebar di 6 desa di kecamatan dan butuh penanganan secepatnya karna sudah ada 60 Ha yang ditanam dan saat ini juga umur bibit yang siap tanam sudah 20 hari,” permasalahan yang ada sudah siap tanam namun hujan belum datang oleh karna itulah makanya segera kita anggarkan pembelian pompa air agar dapat teratasi dan kerugian dapat dikurangi, ” ujar Kadis M.Rizon.

Selanjutnya dalam penyampaiannya, Sekda Kabupaten MUkomuko, Dr.Abdiyanto SH,M.Si CLA mengatakan bahwa dasar rapat kita saat ini adalah adanya surat dari camat kecamatan Ipuh dan disetujui oleh 7 kepala desa yang mana telah terjadi musibah kekeringan sawah tadah hujan kurang lebih 260 Ha. sementara saat ini sudah masuk dalam masa musim tanam ,sampai saat ini yang ditanami baru 60 Ha.  kekeringan sudah terjadi semenjak pertengahan bulan Agustus sampai saat ini, ” oleh karna itulah 6  kepala desa sekecamatan Ipuh mengajukan proposal pembelian 5 unit pompa air. mudah mudaha nanti bisa kita pecahkan pokok permasalahannya nanti, ‘ sampai Andiyanto.

Dalam arahannya, Wakil Bupati kabupaten MUkomuko Wasri menghimbau kepada perusahaan yang ada agar ikut berkontribusi dalam menindak lanjuti mencari penanganan permasalah yang ada. yaitu jangka pendek, kami mohon partisipasi pihak perusahan untuk memecahkan permasalahan yang ada, dan hari ini kita harus dapat solusi dalam permasalahan ini, ” ujar Wasri.

Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh wakil Bupati Mukomuko,  ketua DPRD kabupaten Mukomuko, Sekda, Forkopimda, kepala OPD, Kapolres yang mewakili, Dandim yang mewakili, Camat Ipuh, Kepala desa sekecamatan Ipuh, pimpinan perusahaan dan tamu undangan lainnya. (rjh)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 51,649
  • 17,347