Residivis Ranmor Berulah, Pas Maling Sapi Ketangkap

64 views

Share :

WhatsApp Image 2023-09-22 at 00.10.04

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Polres Mukomuko Rilis penangkapan seorang Residivis  yang  diduga melakukan pencurian hewan ternak.   untuk memuluskan aksinya pelaku berisinial  SW dibantu oleh rekannya  SD dan  juga telah  melakukan pencurian di berbagai tempat di wilayah kabupaten Mukomuko, hal ini diungkapkan oleh Kapolres Mukomuko di halaman Mapolres Mukomuko pada Kamis, 21/09/2023.

Kapolres Mukomuko Nuswanto,SH,S.IK,MH yang didampingi oleh Kasatreskrim mengatakan pengungkapan kasus pencurian ini berawal dari laporan masyarakat pada tanggal 24 Juli 2023. dalam laporan itu, dijelaskan adanya tindak pidana pencurian hewan ternak yaitu sapi dan kerbau yang hilang. dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh  anggota  Satreskrim Polres Mukomuko dan terduga pelaku sudah diamankan dengan upaya paksa pada tanggal 19 September 2023. dari hasil  pendalaman kasus ini, SW yang dibantu rekannya SD mengakui telah melakukan juga pencurian 15 belas ekor hewan ternak di banyak tempat di wilayah kabupaten Mukomuko, ” saat ini dalam pendalaman kasus ini, sudah ada juga 5 LP (Laporan Polisi) yang bersesuaian ataupun sinkron  dengan yang menjadi  pengakuan terduga pelaku, ‘ Dalam kasus ini terduga pelaku dikenakan pasal 363 ayat 1,ayat 4, KUHP dengan ancaman pidana 7 tahun penjara, ” sampai Kapolres Nuswanto.

Lanjut Kapolres Mukomuko, barang bukti yang diamankan adalah  dua ekor sapi, satu buah tali tambang, satu buah jaring  / waring warna hitam, satu unit mobil  dan 1 lembar STNK dan kerangka box besi.  pelaku berasal dari salah satu kecamatan di kabupaten Mukomuko yaitu Teras Terunjam,

Kasatreskrim Polres Mukomuko, Fajri Ameli Putra S.IK,  menjelaskan secara modus sebelum melakukan aksi terduga pelaku terlebih dahulu mapping daerah yang menjadi target. setelah target sudah jelas mereka beraksi pada malam hari. hewan ternak yang menjadi target adalah hewan yang terikat.  kedua peladalam aksinya kedua pelaku berbagi tugas satu orang  langsung menaikkan hewan  ternak ke dalam mobil dan satu orang memegangi kaki hewan ternak dari bawah sambil mengarahkan hewan ternak  ke dalam mobil.

Adapun pengakuan terduga pelaku , keseluruhan  hewan ternak yang  telah dicuri  adalah berasal dari desa Lalang Luas satu ekor , dari desa pondok panjang 8 ekor sapi ,  dari SP 1 kecamatan Air Majunto satu ekor sapi ,  dari desa Air Dikit , Kecamatan Air Dikit tiga ekor sapi, dari desa Tanah Rekah,kelurahan KotoJaya satu ekor sapi,  di PLN  di kecamatan Kota Mukomuko satu ekor kerbau.

Terhadap hasil curian hewan ternak tersebut ungkap Kasatreskrim, informasi sementara dari pengakuan terduga pelaku dijual ke wilayah Sumatra Barat. dan lebih lanjut akan terus didalami karna sudah banyak laporan masuk dari warga masyarakat  ” 5 LP sudah sinkron dengan pengakuan pelaku, kemungkinan dari rilis yang saat ini dilakukan, masih banyak masyarakat yang  akan melaporkan , karna sebelum sebelumnya  tanpa laporanpun sudah ada juga laporan secara lisan, ” terkait 480  masih pendalaman dan rekan pelaku juga  SD masih terus  diburU, dan kemungkinan ada tempat tempat lain yang menjadi penampung, ” ungkap Kasatreskrim.

Selanjutnya kata Kapolres Nuswanto dengan adanya pengungkapan kasus ini tentu merupakan kabar baik bagi masyarakat kabupaten Mukomuko, apabila masyarakat yang sudah membuat laporan kepolisian maupun yang belum melaporkan yang merasa kehilangan silahkan berkoordinasi dengan kepolisian Resor Mukomuko

Kapolres Nuswanto juga menghimbau kepada masyarakat pemilik hewan ternak agar diupayakan melakukan pengawasan  dan kemudian jangan dilepasliarkan, kalau dilepasliarkan resiko kehilangan akan lebih besar. (rjh)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 54,554
  • 19,310