Baru Dengar Batu Bara Muda ? Nih Bedah Isi Batu Bara Dan Manfaatnya

200 views

Share :

_IMG_000000_000000

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Batu bara merupakan salah satu bahan bakar yang termasuk dalam kategori bahan bakar fosil yang artinya tidak dapat terbarukan. Manfaat batu bara bagi ekonomi Indonesia sangat banyak. Dan yang membuat batu bara berbeda dan berharga adalah karakteristik utamanya yang dapat terbakar.
Batu bara terbentuk dari endapan organik dengan tiga unsur utama oksigen, hidrogen dan karbon yang membuat batuan ini dapat terbakar.

Saat ini santer terdengar kabar bahwa PLTU di Indonesia menggunakan batu bara muda. Apa itu dan apa saja manfaat batu bara muda bagi kehidupan manusia? Well, secara umum terdapat 5 tipe batu bara yang ditentukan berdasarkan kualitasnya yaitu antrasit yang merupakan kualitas terbaik, diikuti oleh bituminus, sub-bituminus, lignit dan gambut.

Batu bara muda artinya jenis batu bara yang memiliki kadar air yang tinggi namun sebaliknya kadar karbonya sangat rendah. Jadi berdasarkan kualitasnya memang batu bara tipe sub-bituminus, lignit dan gambut termasuk dalam batu bara muda yang juga dikenal sebagai jenis batu bara berkualitas rendah.

Di Indonesia sendiri 65% cadangan batu bara masuk dalam golongan batu bara muda yang tidak memiliki nilai ekspor dan lebih banyak digunakan di dalam negeri.

Dengan adanya perkembangan teknologi ada banyak cara pengelolaan batu bara muda secara ramah lingkungan yang walaupun tergolong dalam batu bara kualitas rendah tapi masih bisa memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Berikut ini manfaat Batu Bara Muda :
1. Pembangkit Listrik
Tentunya Anda sudah tahu apa saja manfaat PLTU yaitu sebagai sumber utama listrik di Indonesia. Tahukah Anda bahwa batu bara muda digunakan sebagai bahan bakar utama PLTU, sehingga menghasilkan listrik yang bisa menerangi kita.

Hal ini dikarenakan memang batu bara kualitas baik lebih mahal jika diekspor sementara untuk penggunaan dalam negeri lebih memanfaatkan batu bara muda.

2. Digunakan dalam Industri Baja
Indonesia memiliki banyak sekali industri dan salah satunya adalah industri baja. Sama dengan penggunaan batu bara muda untuk PLTU dalam negeri, batu bara muda juga dimanfaatkan dalam industri baja.

Batu bara ini yang banyak tersedia di Indonesia dan tidak memiliki nilai ekspor sehingga dimanfaatkan untuk industry dalam negeri.

Sebagai Pemanas Ruangan Alami
Salah satu manfaat batu bara untuk kehidupan sehari-hari adalah sebagai pemanas ruangan almi. Namun memang batu bara muda tidak terlalu direkomendasikan karena menghasilkan banyak sekali asap dan agak berbau karena batu bara muda kadar airnya cukup tinggi.

3. Molding Sand
Batu bara muda juga digunakan sebagai bahan campuran molding sand. Walaupun memang semakin baik kualitasnya maka molding sand yang dihasilkan juga semakin tinggi kualitasnya namun pemanfaatan batu bara muda sebagai bahan campuran molding sand juga masih bisa digunakan.

4. Tar Batubara Sebagai Pelapis Jalan
Bubuk batu bara hasil pembakaran biasanya juga dimanfaatkan kembali sebagai campuran tar untuk pelapis jalan. Ini merupakan salah satu manfaat limbah batubara yang masih dapat dimanfaatkan kembali.

Manfaat aspal sendiri sangatlah penting tak hanya untuk membuat jalan menjadi mulus tapi juga menjaga ban kendaraan agar awet dan tahan lama.

Sebagai Pembuatan Briket Batubara
Briket batubara merupakan salah satu produk yang bisa dihasilkan dari batu bara muda sebagai bahan campuran utamanya. Manfaat arang batubara sangat banyak dalam industri besar maupun rumahan.

Walaupun memang briket yang dihasilkan dari batu bara muda sebaiknya tidak digunakan untuk membakar bahan makanan karena berbau dan berasap tebal.

5. Digunakan dalam Industri Pembuatan Semen
Beberapa industri semen di Indonesia juga mulai melirik untuk memanfaatkan batu bara muda sebagai salah satu solusi untuk menekan biaya produksi.

Batu bara muda termasuk jenis bahan bakar yang mudah ditemukan di Indonesia dan tidak sulit untuk transportasinya. Sementara batu bara kualitas baik memiliki kualitas ekspor yang dihargai dengan sangat tinggi.

6. Dimanfaatkan Sebagai Syngas
Apa itu syngas? Syngas atau SNG merupakan Synthetic Natural Gas yang dibuat dari batu bara muda sebagai upaya peningkatkan nilainya. Syngas memang tidak bisa sembarangan digunakan sebagai bahan bakar, karena selain mengandung gas karbon monoksida dan hydrogen.

Syngas juga masih mengandung karbondioksida. Jadi memang target penggunaan syngas adalah digunakan untuk pembuatan bahan kimia lain.

7. Bahan Baku Industri Kimia
Seperti yang disebutkan pada poin nomer delapan dimana syngas lebih dimanfaatkan untuk pembuatan bahan kimia lain atau digunakan sebagai bahan baku di industri kimia dan sebagai contohnya adalah sebagai bahan baku pembuatan pupuk dan petrokimia.

Jika Anda pernah mendengar tentang manfaat batu bara cair hal tersebut merupakan salah satu teknologi pengembangan dalam usaha meningkatkan nilai batu bara muda.

Jadi walaupun batu bara muda secara kualitas jauh berada di bawah batu bara yang memiliki nilai ekspor tinggi tapi masih dapat dimanfaatkan di dalam negeri.

Perlu kembali kita ingat bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya, mengkombinasikan hasi bumi yang kaya dengan kualitas SDM-nya tinggi merupakan solusi negara ini dapat kembali bersaing dengan negara maju lainnya. majulah negaraku, generasi muda penerus bangsa, bangkitlah. (net)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 54,554
  • 19,310