Mengapa Orang Berperilaku Menyimpang Yang Cenderung Jahat ? Begini Kata Para Pakar

88 views

Share :

WhatsApp Image 2023-01-15 at 23.00.24

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Apakah definisi perilaku menyimpang itu dan mengapa orang berperilaku menyimpang yang cenderung jahat?

Menurut Bruce J. Cohen, perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tak bisa menyesuaikan diri dengan kehendak kehendak di masyarakat.

Sedangkan James Vander Zander mendefinisikan bahwa perilaku menyimpang adalah perilaku yang dianggap sebagai hal tercela dan di luar batas batas toleransi oleh sejumlah besar orang.

Sedangkan Durkheim, Karl Marx, dan Weber menjelaskan, bahwa perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial.

Edwin M. Lemert dalam teorinya Teori Labeling memberikan pandangan bahwa penyimpangan bisa terjadi karena masyarakat memberikan cap/label negatif kepada seseorang yang telah melakukan penyimpangan primer (primary deviation).
Seorang yang telah dicap sebagai pencuri, penipu, pendusta, perampok, dan lain lain , akan cenderung mengulangi lagi perbuatannya (penyimpangan sekunder/secondary deviation), karena masyarakat tidak mempercayainya lagi sebagai orang baik baik.

Robert K. Merton dalam teorinya teori Anomie menjelaskan bahwa perilaku menyimpang merupakan pencerminan tidak adanya kaitan antara aspirasi yang ditetapkan kebudayaan dan cara yang dibenarkan struktur sosial untuk mencapai tujuan itu.
Ia berpendapat, struktur sosial dapat menghasilkan tekanan sehingga mendorong seseorang melakukan penyimpangan.

Teori Anomie menjelaskan bahwa penyimpangan merupakan akibat dari berbagai ketegangan dalam struktur sosial. Perilaku menyimpang terjadi sebab adanya ketidakharmonisan antara tujuan budaya dengan cara cara yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut.

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 54,554
  • 19,310