Ketua DPRD M.Ali Syaftaini Sangat Mengapresiasi Dana Inpres Yang Mengalir Ke Mukomuko

127 views

Share :

WhatsApp Image 2023-10-02 at 17.12.39

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Ketua DPRD Mukomuko M Ali Saftaini SE menjelaskan bahwa program pemerintah pusat melalui  Inpres Nomor 3 ini, baru diterbitkan tahun 2023 ini. yaitu setelah ditandatangani per 16 Maret 2023 lalu oleh Presiden Republik Indonesia, IR. Joko Widodo. Adapun isi daripada Inpres ini adalah tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah. Dimana langsung ditangani oleh beberapa Kementerian dan pemerintah daerah.

Untuk Pemerintah Daerah, sebagaimana tercantum dalam Inoress tersebut, Provinsi Bengkulu mendapat dana Inpres sebesar Rp 400 miliar lebih. Yang mana dalam pembagiannya untuk peningkatan pembangunan puluhan ruas jalan seprovinsi Bengkulu.

Selanjutnya, khusus di Kabupaten Mukomuko, Pemkab menerima sebesar Rp 136 miliar, dana ini diperuntukkan dalam peningkatan 3 ruas jalan, yang saat ini pekerjaannya tengah berlangsung.

Untuk lebih lengkap, berikut rincian Alokasi Dana Inpres 2023 kabupaten Mukomuko :
1. Rp 55 Milyar untuk pembangunan Ruas Jalan Simpang PT Maju – Simpang Talang Arah- Gajah Makmur, Kecamatan Malin Deman
2. Rp 23 Milyar untuk pembangunan Ruas Jalan Suka Maju-Bukit Makmu, Kecamatan Penarik
3. Rp 58 Milyar, Ruas Jalan Provinsi,
Jalan Tanah Rekah – SP 4 Setia Budi-Terutung, Kecamatan Teras Terunjam.

Kemudian selain Inpres lanjut Ali, seluruh daerah penghasil sawit di Indonesia, juga menerima Dana Bagi Hasil (DBH) sawit. Dimana Sri Mulyani, Menteri Kementerian Keuangan sudah menerbitkan PMK Nomor 91 tahun 2023., ” Tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil (DBH) Perkebunan Sawit. Aturan ini ditandatangani Sri Mulyani pada, 8 September 2023. Tentu hal ini akan berdampak baik untuk daerah, ” ungkap Ali.

Program Inpres nomor 3 tahun 2023 ini baru keluar. Bukan berarti dulu kita tidak dapat, memang programnya baru ada tahun ini, termasuk DBH sawit. Tentu kita sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat ini, ” program Presiden untuk percepatan konektivitas jalan daerah serta DBH sawit ini, tentu akan menguntungkan seluruh daerah, juga dipastikan akan berdampak baik untuk meningkatkan prekonomian masyarakat khususnya kabupaten Mukomuko.

“Inpres nomor 3 inikan diperuntukkan untuk peningkatan konektivitas jalan daerah, termasuk DBH sawit juga peruntukkannya untuk peningkatan infratruktur kebutuhan tani. Jadi program ini sangat tepat serta menguntungkan bagi setiap daerah terutama kabupaten Kita ini Mikomuko,” tutup Ali. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 60,677
  • 23,036