Dinas Kesehatan Mukomuko Akan Mengadakan Pekan Imunisasi Nasional, Ini Jadwalnya

36 views

Share :

WhatsApp Image 2024-07-17 at 00.07.31

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Dinas kesehatan Mukomuko akan melaksanakan pekan Imunisasi nasional secara serentak di kabupaten Mukomuko. PIN ini dilakukan secara nasional karena adanya indikasi terpapar penyakit polio di Aceh dan Papua. hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Mukomuko ketika ditemui wartawan mmunol.com di kantornya Selasa, 16’07/2024.

Kepala Dinas Kesehatan Mukomuko Bustam Bustomo,SKM melalui kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian penyakit (P2P) ,Hamdan, SKM  mengatakan dalam Pin Polio ini, pada tahap pertama ini akan dilakukan secara tetes, namun apabila sudah ada tanda tanda sudah menyeluruh akan dilakukan dengan cara suntik. virus polio ini menyerang saraf yang bisa menyebabkan kelumpuhan bagi yang terpapar, ” dan apabila  sudah kena virus polio ini akan sangat susah untuk menanganinya, makanya begitu ada yang terpapar secara nasional langsung dlakukan Pin polio ini, bukan cuman di Mukomuko saja tapi di seluruh Indonesia, ” ujar Hamdan.

BACA JUGADukcapil Mukomuko Permudah Pengurusan Layanan Adminduk, Ini Contohnya

Dijelaskan oleh Hamdam, Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Polio. Polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian akibat gagalnya/lumpuhnya sistem pernapasan. Mengapa satu kasus harus diwaspadai? Karena polio menular, berdampak besar dan panjang bagi kesehatan maka satu kasus harus diwaspadai dan sebagai ancaman, ” Polio ini menyebar melalui kontak orang ke orang. Ketika seorang anak terinfeksi virus polio liar, virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan berkembang biak di usus. Ini kemudian dibuang ke lingkungan melalui komunitas, terutama dalam situasi kebersihan dan sanitasi yang buruk. ” ungkap Hamdan.

Untuk PIN polio ini menyasar anak yang berusia 1- 7 tahun, nantinya akan dilayani di Puskesmas, Posyandu maupun Pos Imunisasi yang ada di setiap kecamatan dan desa.

Berikut penghitungan tanggal pelaksanaan PIN tahap ke-2 adalah sebagai berikut :
-untuk putaran / dosis 1 akan diadakan pada tanggal 23 Juli 2024 sampai dengan tanggal 29 Juli 2024.
dan sweeping pada putaran / dosis ke-1 ini akan diadakan tanggal 30 Juli 2024 samapai dengan tanggal 3 Agustus 2024.

Sementara untuk  putaran / dosis ke-2  akan diadakan pada tanggal 6 Agustus 2024 samapai dengan tangga;l
12 Agustus 2024 . dan sweeping putaran/ dosis ke-2 akan diadakan tanggal 13 Agustus 2024 sampai dengan tanggal 17 Agustus 2024.

Untuk Putaran / dosis ke-2 menyesuaikan dengan interval dosis 1 dan dosis 2 minimal 2 minggu  dan maksimal 4 minggu sesuai dengan surat Dirjen P3P No.IM.02.03/IV/1586/2024.

Sebagai informasi, Poliomyelitis atau lebih dikenal dengan sebutan polio adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem saraf dalam tubuh. Ya, polio adalah penyakit yang dapat menimbulkan kelumpuhan permanen pada penderitanya. Penyakit polio disebabkan oleh infeksi virus yang bernama poliovirus. (rjh)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 60,677
  • 23,036