Guna Menghadapi Sidang Sidang MPR Yang Akan Digelar, MPR Adakan Seminar Bersama Bakohumas Antar Lembaga

28 views

Share :

MMUNOL.COM – Dalam acara seminar, Plt. Sesjen MPR Ajak Humas Berbagai Lembaga Negara dan Kementerian Ikut Sosialisasikan dan Kabarkan Sidang-Sidang MPR Tahun 2024 Jajaran kehumasan dari berbagai lembaga negara, kementerian, TNI, Polri, BUMN, dan pemerintah daerah, pada Senin, 12 Agustus 2024, memenuhi Ruang Delegasi, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta. Kehadiran mereka di ruangan yang berada di lantai 2 itu untuk mengikuti Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas). MPR.

Jajaran kehumasan dari berbagai lembaga negara, kementerian, TNI, Polri, BUMN, dan pemerintah daerah, pada Senin, 12 Agustus 2024, memenuhi Ruang Delegasi, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta. Kehadiran mereka di ruangan yang berada di lantai 2 itu untuk mengikuti Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas).

BACA JUGA :

Bakohumas yang digelar oleh MPR dengan acara seminar bertema ‘Serba-Serbi Sidang MPR Tahun 2024’ itu juga dihadiri oleh Plt. Sesjen MPR Siti Fauziah, SE., MM; Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika yang sekaligus Ketua Bakohumas, Usman Kansong, S.Sos., M.Si; Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Dra. Amelita Lusia, MSi., CPR: Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, A.Par., M.Par., CHE; Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Anies Mayangsari Muninggar, S.IP., M.E, serta jajaran Eselon I dan II di lingkungan Setjen MPR.

Dalam sambutan, Siti Fauziah mengatakan Bakohumas memiliki peran yang sangat strategis dan sarana kolaborasi antarlembaga dan institusi dalam bidang kehumasan. “Bakohumas tidak hanya strategis untuk memperkuat citra dan reputasi tetapi juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap informasi yang disampaikan oleh biro kehumasan dari lembaga negara, kementerian, TNI, Polri, dan institusi lainnya”, ujarnya.

Sebab sebagai forum yang strategis, maka MPR menurut Siti Fauziah rutin mengadakan dan mengikuti kegiatan Bakohumas. “Kali ini kita sebagai tuan rumah kegiatan Bakohumas”, ujar perempuan yang akrab dipanggil Bu Titik itu. Dikatakan, MPR mengadakan Bakohumas sebab di Tahun 2024, lembaga negara ini akan menggelar berbagai sidang. Disebut Sidang Tahunan MPR pada tanggal 16 Agustus, Sidang Akhir Masa Jabatan MPR Periode 2019-2024 pada tanggal 25 September, Sidang Awal Masa Jabatan MPR Periode 2024-2029 pada tanggal 1 Oktober, dan Sidang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029 pada 20 Oktober.

Dengan mengundang jajaran kehumasan dari berbagai lembaga negara, kementerian, TNI, Polri, dan institusi lainnya dalam Bakohumas, Siti Fauziah berharap jajaran-jajaran kehumasan itu ikut mempublikasikan dan mensosialisasikan sidang-sidang yang digelar oleh MPR. “Dengan harapan selain informasi sidang tersebar masif, masyarakat juga paham dan memahami dari sidang-sidang yang diadakan oleh MPR”, tegasnya.

Sidang MPR tahun ini menurutnya sangat spesifik sebab ada pelantikan presiden baru. Dalam sidang pelantikan presiden baru, biasanya masyarakat ingin datang dan melihat langsung acara itu di Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD. Senayan, Jakarta. Menghadapi antusias masyarakat tentu perlu tenaga ekstra untuk menjaga ketertiban sidang.

Demi ketertiban dan kelancaran sidang-sidang, terutama pelantikan presiden, ada proses pengamanan yang bertingkat. Untuk itu bagi masyarakat yang tidak bisa menyaksikan langsung sidang-sidang yang ada, diharap mereka jangan kecewa sebab dengan kemajuan teknologi informasi yang ada, MPR akan menyiarkan langsung sidang-sidang itu baik lewat saluran televisi, live streaming, maupun saluran media sosial lainnya. “Dengan siaran langsung, seluruh rakyat Indonesia bisa menyaksikan berbagai sidang tanpa perlu datang ke Senayan, Jakarta”, tuturnya.

Dirinya menegaskan kembali dengan Bakohumas itulah mengajak kepada semua jajaran kehumasan untuk ikut menyiarkan secara langsung kepada masyarakat. Siti Fauziah menaruh harapan pada jajaran dari berbagai kehumasan sebab kredibilitas mereka tidak perlu diragukan lagi. “Jangan sampai ada berita hoax dari pelaksanaan sidang-sidang MPR”, tegasnya. “Untuk itu kita berharap kepada seluruh jajaran Bakohumas untuk bersama menjaga informasi benar dan baik”, tambahnya.

Anies Mayangsari dalam kesempatan yang sama menyebut forum Bakohumas merupakan salah satu metode untuk menyebarkan informasi publik. “Cara ini merupakan sarana yang efektif sebagai sarana koordinasi, integrasi, dan sinergi, bagi seluruh insan kehumasan”, paparnya. “Bakohumas merupakan wadah yang solid dalam penyebaran dan diseminasi informasi yang kredibel”, tambahnya. (Red)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 61,784
  • 23,217