Tambahkan Alat Laboratorium Anatomi Pada Layanan RSUD Mukomuko, Begini Komitmen Bupati Sapuan

70 views

Share :

IMG-20240918-WA0014

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Sapuan – Wasri guna meningkatkan fasilitas layanan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko semakin nyata.
Dimana tahun ini, Pemkab Mukomuko melaksanakan pengadaan fasilitas layanan berupa peralatan medis untuk mendukung operasional Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Mukomuko.

Penambahan peralatan Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Mukomuko sebagai optimalisasi layanan gunanya untuk mengidentifikasi penyakit dan membantu dokter dalam penegakan diagnosis,
‘’Komitmen peningkatan layanan kesehatan tahun ini, ada penambahan peralatan Laboratorium Anatomi. Dan saat ini sudah difungsikan,’’ kata Direktur RSUD Mukomuko, Syafriadi, SKM., M. Kes di Mukomuko pada Rabu,18/09/2024.

BACA JUGA : Paslon H.Helmi Hasan,SE – Ir.Mian Rilis Visi & Misi Untuk Provinsi Bengkulu Ke Depan Serta Program Unggulannya

Dokter Spesialis Anatomi RSUD Mukomuko, Dutia Gestin, SP, PA menyampaikan, pelayanan Laboratorium Anatomi RSUD Mukomuko telah beroperasi sejak tahun 2021 lalu, dan masih sebatas pelayanan penegakan diagnosis sitologi.
Pemeriksaan sitologi ini, pemeriksaan sel tunggal atau kelompok sel kecil dari cairan atau jaringan di bawah mikroskop.
‘’Sebelumnya hanya bisa untuk pemeriksaan sitologi, misalnya ada pembengkakan di bagian leher, diamil pakai jarum dan diperiksa di sini,’’ kata Dutia Gestin.

Tahun 2024 ini, kata Dutia Gestin, Pemkab Mukomuko melakukan penambahan alat laboratorium untuk pemeriksaan histopatologi.
Histopatologi ini merupakan prosedur yang melibatkan pemeriksaan jaringan utuh yang diambil melalui biopsi atau operasi di bawah mikroskop.
Dikatakannya, alat ini sudah difungsikan pada awal September ini. ‘’Pemeriksaan histopatologi ini, misalnya memeriksa tumor, apakah tumor jinak atau tumor ganas. Kemudian juga bisa memeriksa penyakit telinga dan radang tenggorokan dan lainnya,’ ’ kata Dutia.

Jadi, dengan tersedianya peralatan laboratorium untuk pemeriksaan histopatologi ini, masyarakat sekiranya tak perlu lagi ke luar daerah untuk menentukan diagnosis penyakit atau mendeteksi kelainan pada sel tubuh, ‘’Ingin mengecek tumor sudah bisa di sini, tak perlu lagi ke luar daerah, dan ini juga melayani pasien BPJS,’’ ujarnya.

Laboratorium anatomi merupakan pelayanan diagnostik dan laboratorium terhadap jaringan atau cairan tubuh.
Dikatakannya, pelayanan ini berdasarkan rujukan dokter dengan tujuan untuk penegakan diagnosis yang berbasis perubahan morfologi sel dan jaringan sampai pemeriksaan imunologi dan molekuler.

‘’Peran patologi anatomi semakin meluas, mencakup penentuan pilihan terapi dan prediksi prognosis sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi saat ini’, ’ demikian Dutia. (rjh)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 4
  • 3
  • 58,141
  • 22,034