Pemkab Mukomuko Raih Predikat Terbaik Kedua Seprovinsi Bengkulu Dalam Survei SPI KPK 2022

43 views

Share :

IMG-20230811-WA0002

BENGKULU, MMUNOL.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menempatkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mukomuko di posisi terbaik 2 dalam pemetaan kemajuan dan upaya pemberantasan korupsi di lingkungan Pemda se Provinsi Bengkulu tahun 2022.   

Hasil perolehan ini diketahui berdasarkan indeks Survei Pelayanan Integritas (SPI) KPK terhadap kinerja pelayanan Pemerintah Daerah (Pemda) seprovinsi Bengkulu tahun 2022 yang disampaikan KPK pada Rapat Koordinasi (Rakor) tindak lanjut SPI di hotel Mercure, Kota Bengkulu, Rabu, 9 Agustus 2023.

Berkat pencapaian ini, Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA,CPA,CPI melalui Sekda Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH, MSi mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran atas semangat dedikasi dan kerjasama dalam mewujudkan kinerja terbaik dalam menjalani tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang telah diamanahkan. Khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Dikatakan Sekda, secara khusus kepada OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan beserta Puskesmas, RSUD dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP). OPD ini memiliki tanggung jawab besar dan unsur penting dalam hal penilaian SPI KPK. 

‘’OPD pelayanan ini memberikan kontribusi sangat penting dalam penilaian SPI KPK. Alhamdulillah, berkat kerjasama dan dedikasi kinerja selama ini, hasil SPI KPK memposisikan Kabupaten Mukomuko terbaik ke dua se Provinsi Bengkulu,’’ ungkap Sekda. 

Perlu diketahui juga, hasil SPI KPK tahun 2022, menunjukkan tren positif bagi Pemkab Mukomuko dan menduduki komposisi peningkatan tertinggi dibandingkan dari tahun 2021. 

‘’Tentulah pengorbanan bapak Ibu tidaklah berhenti sampai di sini, karena ke depan tantangan dan perhatian serta kerja keras bapak Ibu semakin diharapkan oleh pemerintah Kabupaten Mukomuko khususnya dan Masyarakat umumnya,’’ ujar Sekda.  

Sekda Abdiyanto berharap peningkatan kinerja ini tidak hanya terpaku pada OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Akan tetapi, katanya, untuk semua OPD di lingkungan Pemkab Mukomuko dituntut untuk memberikan yang terbaik. Ukuran terbaik, semua program kerja yang telah direncanakan dapat dilaksanakan dan tetap sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. 

Dan juga perlu diketahui, Survei Pelayanan Integritas (SPI) merupakan perangkat diagnostik yang dapat digunakan sebagai alat ukur obyektif untuk memetakan capaian dan kemajuan upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh kementerian/lembaga/pemerintah daerah (K/L/PD). 

Dalam praktiknya, penilaian dilaksanakan dalam dua sistem. Secara internal melibatkan responden pegawai pada instansi dan penilaian eksternal dengan melibatkan responden pengguna layanan atau mitra kerja sama. (advmmunol)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 2
  • 1
  • 52,788
  • 18,097