BPBD Mukomuko Adakan Worshop Pelatihan Pencegahan Dan Mitigasi Bencana

109 views

Share :

BPBD

MUKOMUKO, MMUNOL.COM – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Badan Penanggulana Bencana Dearah (BPBD) mengadakan worshop  pelatihan dan mitigasi bencana . acara pelatihan berlangsung dengan hikmat diadakan di Hotel Madiyara pada Selasa,28/11/2023.

Adapun pelatihan pencegahan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.
Sementara itu Mitigasi adalah langkah yang juga dilakukan sebelum bencana terjadi. Contoh kegiatannya antara lain membuat peta wilayah rawan bencana, pembuatan bangunan tahan gempa, penanaman pohon bakau, penghijauan hutan, serta memberikan penyuluhan dan meningkatkan kesadaran masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana.


Asisten l Pemkab Mukomuko, Haryanto S.Km ketika membuka kegiatan mengatakan, Mukomuko merupakan salah satu daerah rawan bencana alam. Baik bencana banjir, longsor, hingga tsunami.

Maka dari itu, Haryanto meminta segala sesuatu harus dipersiapkan sejak dini. Diantaranya peninggakatan pengetahuan masyarakat dalam mencegah jatuhnya korban jiwa saat bencana, dan apa yang akan dilakukan ketika terjadi bencana.

“Pemkab Mukomuko fokus bagaimana meminimalisir angka kerugian. Termasuk jatuhnya korban jiwa Ketika terjadi bencana alam,” katannya.

Dalam sambutannya kepala BPBD kabupaten Mukomuko, Ruri ST,MT me ngatakan acara ini dilakukan untuk mempersiapkan setiap anggota penanggulan bencana untuk siap siaga dalam menjalankan tugas. dalam penyelenggaran pelatihan terdapat tiga tahapan. Pertama terkait prabencana, kemudian pada saat bencana, dan terakhir pascabencana.

Dimana ketiga tahapan ini harus dikuasai masyarakat agar tidak menjadi korban pada saat terjadi bencana. Dan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk konkrit keseriusan daerah menghadapi bencana di daerah.

“Masyarakat harus sadar bahwasanya Pencegahan dan pengurangan resiko bencana alam maupun non alam di Mukomuko bukan hanya tugas Pemkab, Polri, TNI, Basarnas, dan BPBD, melainkan tugas bersama,” terang Ruri

Dalam acara pelatihan ini juga di hadir oleh asisten I, Sekda, kepala BPBD, dan seluruh anggota penanganan bencana  dari 50 Desa di Kabupaten  Mukomuko, (advmmunol)

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 25
  • 4
  • 62,738
  • 23,291