Beda, Pengesahan DIPA Tahun 2024 Melalui Aplikasi SAKTI

62 views

Share :

_IMG_000000_000000

JAKARTA, MMUNOL.COM – Pelaksanaan APBN Tahun 2024 secara simbolis hari ini telah dimulai dengan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 oleh Bapak Presiden @jokowi.

Sedikit berbeda, pengesahan DIPA 2024 dilakukan melalui proses digitalisasi sejak perencanaan anggaran hingga penandatanganan secara elektronik. Dari semula proses manual sebanyak 12 tahap menjadi hanya 4 tahap menggunakan aplikasi SAKTI. Lebih mudah, lebih cepat, aman, dan pro-lingkungan.

Sebagaimana kita ketahui, 2024 adalah tahun terakhir Kabinet Indonesia Maju. APBN #UangKita akan terus mendukung transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dengan membangun fondasi kualitas SDM, infrastruktur, dan reformasi lainnya. APBN juga konsisten menjaga stabilitas sosial-ekonomi, pertahanan-keamanan, serta mendukung berbagai program prioritas nasional.

APBN tahun depan menargetkan Pendapatan Negara sebesar Rp2.802,3 triliun didukung optimalisasi dan stabilisasi iklim investasi di tengah ketidakpastian global. Adapun Belanja Negara ditetapkan sebesar Rp3.325,1 triliun, terdiri dari Belanja Pemerintah Pusat Rp2.467,5 triliun (naik 8,6%) dan TKD Rp857,6 triliun (naik 5,3%)
.

Belanja Pemerintah Pusat diarahkan untuk perbaikan kualitas SDM, infrastruktur prioritas, percepatan transformasi ekonomi hijau, reformasi birokrasi, serta pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Sementara, TKD ditujukan untuk mendukung penggajian PPPK Daerah terutama guru dan tenaga kesehatan, peningkatan pelayanan publik, operasional sekolah, PAUD dan pendidikan kesetaraan, serta penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting.

Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden, para menteri, pimpinan lembaga, serta kepala daerah atas kerja sama yang sangat baik dalam pelaksanaan APBN pada Kabinet Indonesia Maju.

Semoga DIPA dan Daftar Alokasi TKD 2024 dapat segera ditindaklanjuti agar masyarakat dan perekonomian bisa langsung merasakan manfaatnya secara maksimal.

Posted in

Berita Lainnya

Berita Terbaru

webad_pasang-iklan

Video

Video

Terbaru
Populer

This is tab content. Click to edit this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Teknologi

Visitor

  • 0
  • 0
  • 58,137
  • 22,031